Maestro Pembuat Mesin Rotary Tutup Usia

105
Kemudi.id - Kenichi Yamamoto dan mesin rotary [Mazda]

Kemudi.id – Mazda kehilangan salah seorang legenda yang memproduksi mesin rotary yaitu Kenichi Yamamoto, dalam usia 95 tahun.

Pria yang lahir di Hiroshima, Jepang, seperti diberitakan Motor1, merupakan lulusan Tokyo Imperial University pada 1944. Saat kembali ke kota asalnya usai Perang Dunia II, dia menemukan rumahnya hancur total dan adik perempuannya meninggal dunia.

Perusahaan truk

Yamamoto mulai bekerja di perusahaan truk lokal Toyo Kogyo. Selang dua tahun, dia dipromosikan dari seorang pekerja pabrik ke manajemen dan memulai sebuah proyek untuk mesin baru, menghadirkan mesin kecil untuk truk roda tiga dengan logo Mazda.

Beberapa tahun kemudian, Yamamoto dipromosikan untuk memimpin tim insinyur Mazda. Dia memimpin pengembangan keluarga mesin rotary. Pada 1964, pabrikan Jepang itu menampilkan salah satu model terpentingnya sepanjang sejarah, Cosmo Sport, yang ditenagai mesin twin-rotor.

Kemudi.id – Salah satu karya Yamamoto dengan mesin rotary [jalopnik]
Kendaraan tersebut digunakan oleh Yamamoto untuk meyakinkan Kementerian Perdagangan dan Industri Jepang (MITI) bahwa Mazda merupakan produsen penting dan harus terus eksis. Alhasil, Cosmo Sport akhirnya diproduksi pada 1967 dan menjadi kendaraan produksi pertama di dunia dengan tenaga twin-rotor.

Kekuatan fundamental

Mesin rotary menjadi kekuatan fundamental untuk model Mazda selama tahun 1970-an. Yamamoto diangkat sebagai kepala penelitian dan pengembangan di akhir dekade 70-an.

Ia kemudian menjadi Presiden Mazda pada 1985 dan chairman dua tahun kemudian. Di bawah kepemimpinannya, Mazda juga mencatat kemenangan motor sport terhebatnya pada 1991. Satu tahun kemudian, dia pensiun dari perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here