Siap-siap, Bakal Ada Razia Emisi Kendaraan di Akhir Januari 2021

Pemeriksaan emisi kendaraan (dinas lingkungan hidup DKI)
Pemeriksaan emisi kendaraan (dinas lingkungan hidup DKI)

Kemudi.id – Kepada semua pemilik kendaraan bermotor baik roda 2 atau roda 4 yang berusia tiga tahun atau lebih di Jakarta, wajib melakukan uji emisi gas buang.

Ada sanksi yang telah disiapkan jika tidak mengikuti atau tidak lulus uji emisi. Mulai dari tarif parkir tertinggi hingga penindakan tilang dari kepolisian.

Tiyana Brotadi, Kepala Seksi (Kasie) Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, mengatakan penegakan hukum dari kepolisian harusnya akan dilakukan berbarengan dengan implementasi penuh dari Pergub 60 Tahun 2020.

“Penindakan sudah kita koordinasikan dengan kepolisian, jadi nanti akan dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan ( Dishub) juga. Penerapannya bila sesuai dengan Pergub itu jatuh pada 24 Januari 2021,” kata Tiyana seperti ditulis Kompas.com, Kamis (2/1/2021).

Pengujian emisi (carparts)
Pengujian emisi (carparts)

Walau begitu, Tiyana belum bisa memastikan apakah pada 24 Januari 2021 nantinya pihak kepolisian akan langsung menerapkan sanksi tilang, atau melakukan sosialisasi lebih dulu.

Pertimbangan lain adalah adanya kebijakan dari kepolisian mengenai peniadaan sementara kegiatan tilang di masa pandemi Covid-19.

Dengan adanya penindakan tilang bagi kendaraan yang tak lulus atau tak mengikuti uji emisi, nantinya akan menjadi sebuah agenda rutin operasi bersama antara kepolisian, DLH, dan Dishub.

“Saat operasi bersama nanti digelar, atau saat ada razia dari pihak kepolisian, nantinya akan dicek juga bukti lulus uji emisi dari kendaraan, polisi nanti bukan sekadar periksa STNK atau SIM saja,” ucap Tiyana.

Besaran tilang bagi kendaraan yang tak mengikuti atau tak lulus uji emisi jumlahnya cukup besar, yakni Rp 250.000 untuk motor dan Rp 500.000 untuk mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here