Tips : Cara Benar Mencuci Mesin Mobil

92
kemudi.id - Cara benar mencuci mesin mobil

Kemudi.id – Tampilan mesin mobil Anda kusam dan jorok? Mumpung libur, yuk kita bersihkan mesin dan kompartemennya.

Membersihkan mesin tidak semudah mencuci bodi yang hanya disemprot lalu dikeringkan menggunakan plas chamois (kain pengering). Bisa-bisa mesin brebet bahkan tidak bisa hidup karena air masuk ke pengapian atau sambungan kelistrikan mobil.

Nah, Arif Mahmudi dari bengkel cuci mobil Praktis memberi sedikit tips cara benar membersihkan kotoran di mesin.

Sebelumnya sediakan alat penunjang seperti kain pengering, ember, 2 helai kain bersih, sabun colek, sikat gigi bekas dan spray pembersih mesin yang bisa didapat pada toko aksesoris dan perawatan mobil.

kemudi.id – Pastikan mesin dalam keadaan dingin agar tidak mencederai tangan saat membersihkan

Pastikan mesin dalam kondisi dingin agar tidak mencederai tangan. Basahi kain dengan air dan peras jangan sampai kering. Usap semua permukaan yang berdebu sesuai jangkauan tangan.

Untuk bagian yang terkena rembesan oli dapat dibersihkan terlebih dahulu menggunakan sikat yang diberi sabun. Bilas dengan kain basah hingga bersih dari sabun.

Kedua langkah tersebut tidak berlaku untuk mobil produksi Eropa. “Khusus mobil Eropa kita tidak menggunakan air untuk langkah awal karena pabrikan tidak membenarkan mencuci mesin menggunakan air,” ujar Arif. Efek yang timbul biasanya menyebabkan flek cenderung buram yang sulit dihilangkan.

kemudi.id – Bisa menggunakan spray agar mesin tampil kinclong

Setelah itu semprotkan spray pembersih mesin pada semua bagian baik yang berbahan karet, besi maupun aluminium. Jangan ragu untuk menyemprot sisi dekat bodi mobil karena obat tersebut tidak merusak cat bodi.

“Jika ada semprotan yang mengenai bodi langsung usap dengan lap kering,” jelas Arif.

Setelah itu diamkan bekas semprotan hingga kering. Bisa juga diusap menggunakan lap bersih untuk mempercepat proses pengeringan. Tidak perlu mengusap berkali – kali agar obatnya tidak hilang. Obat tersebut bisa bertahan selama 10 hari dan jika berdebu atau kena cipratan air dari bawah cukup di lap kering saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here