Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas Banjir

100
Mobil terendam banjir bisa dideteksi dengan mudah ragam kerusakannya

Kemudi.id – Pastikan periksa mobil bekas yang hendak Anda beli secara seksama. Mulai dari bagian bodi, interior, hingga mesin.

Beberapa hari lalu beberapa area di Jakarta sempat terendam banjir, tidak menutup kemungkinan peredaran mobil bekas yang terkena dampak banjir beredar.

Herjanto Kosasih, Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengungkapkan cara sederhana untuk mengetahuinya seperti dilansir Kompas.com (15/2/2018).

Langkah awal, cek karet yang menempel di daun pintu atau interior. Bila dterlihat ada bercak tanah atau lumpur berwarna coklat, dipastikan mobil itu pernah terendam banjir.

Kondisi interior setelah terendam air

Kedua, bila di kabin tercium bau pengharum ruangan yang cukup menyengat, Anda patut curiga. Sebab, bisa saja penjual sengaja menggunakan agar bau lumpur tertutup oleh pewangi.

“Paling sederhana dan bisa dilakukan sendiri, hanya itu. Sebab kalau melihat ke mesin, pasti sudah dibersihkan atau dirapikan. Lain halnya dengan karet, biasanya sulit,” ujar Herjanto.

Terakhir, bisa dilihat juga dari daerah melalui keberadaan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK). Apabila berada di wilayah yang rawan banjir, perlu curiga dan melakukan pengecekan lebih lanjut.

Identifikasi jejak tanah dan lumpur

Sementara itu, Ilham salah satu pedagang mobil bekas Bambu Kuning Motor di daerah Rawamangun, Jakarta Timur menambahkan. Langkah selanjutnya bisa juga melihat ke bagian mesin, pastikan tidak ada bagian yang berkarat.

“Kalau sudah berkarat di bagian mesin, sudah pasti ke sananya juga ada. Kalau sudah ada karat seperti itu, harus sedikit curiga,” kata Ilham.

Jadi, tingkat kewaspadaan sebelum membeli mobil bekas bro.Nah, jadi buat Anda yang mau membeli mobil bekas jangan malas untuk melakukan pengecekan terlebih dulu, agar mendapatkan mobil yang maksimal atau sesuai harapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here