Hati-hati, Salah Pakai Busi Kendaraan Bisa Mati Mendadak

86
Busi punya spesifikasi beragam

Kemudi.id – Saat ini banyak beredar tipe dan merek busi di pasar aftermarket. Meski begitu kita tidak bisa asal pilih busi untuk mobil atau motor, karena jika tidak sesuai kendaraan bisa mati mendadak.

Ada yang wajib dipahami yaitu spesifikasi busi yang digunakan kendaraan Anda. Hal ini penting untuk menjaga kondisi mesin agar tetap prima.

Berikut tips sederhana untuk menentukan tipe busi yang sesuai, menurut penuturan Imam Choiri, punggawa AP Speed.

Resistor

Busi itu ada yang model resistor atau non-resistor. Biasanya non-resistor digunakan untuk kendaraan injeksi. Fungsi dari keramik resistor adalah untuk meredam elektrical noise yang timbul pada saat proses pengapian.

Beda busi panas dan dingin [NGK]
Panas atau dingin

Mungkin Anda sering mendengar yang namanya busi dingin. Model tersebut biasanya dipakai untuk mesin yang memiliki kompresi tinggi (rasio di atas 12:1).

Dimensi

Busi punya dimensi berbeda, pendek atau panjang. Hal tersebut ditentukan dari barrier atau ulir yang lebih pendek dari standarnya. Salah pemilihan bisa mengganggu aliran udara sekitar busi. Dampaknya elektroda gosong hingga mengakibatkan kerusakan mesin

Sementara bila menggunakan busi dengan ulir kepanjangan akan menyebabkan benturan dengan piston. Dampaknya elektroda patah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here