Pelek Bisa Rusak Akibat Beberapa Hal Ini

109
Pecah ban bisa menyebabkan pelek rusak

Kemudi.id – Pelek punya beberapa gejala kerusakan seperti retak, peyang, robek dan pecah. Akibatnya pelek tidak berfungsi dengan baik, bahkan bisa membahayakan dan berakibat celaka.

Solusinya adalah mengganti atau mereparasi pelek yang rusak tersebut. Namun tidak semua perbaikan mampu mengembalikan pelek ke kondisi semula dan balance.

Perbaikan atau penggantian biasanya membuat pemilik harus merogoh kocek lebih dalam. Daripada mengganti lebih baik mencegah terjadinya kerusakan. Berikut penuturan Jamal, dari bengkel MdM seputar hal yang membuat pelek rusak.

Jalan rusak

Sering melintasi jalan rusak, berlubang dan berbatu merupakan salah satu penyebab rusaknya pelek. Kondisi yang sering timbul adalah peyang di sekitar bibir pelek. Terlebih bila sering melintas di kondisi jalan rusak dengan kecepatan lebih dari 30 kpj.

Benturan keras akibatkan pelek pecah

“Benturan keras akan terjadi dan dapat dipastikan membuat pelek bengkok atau peyang. Biasanya di bagian bibir, baik sisi luar maupun dalam,” kata Jamal. Apalagi profil ban yang dipakai tergolong tipis.

Mengerem (hard braking) saat menghajar lubang karena melaju terlalu cepat, juga sering membuat pelek pecah ataupun bengkok, terutama ban depan. Itu disebabkan titik berat saat mengerem bertumpu di ban depan, lalu menghantam lubang di permukaan yang agak tajam. Kondisi terparah, ban bisa pecah dan benjol di bagian dinding (side wall).

Jika jarak pengereman tidak mencukupi ketika hendak menghajar lubang, ada baiknya melepas tekanan pedal rem sesaat sebelum masuk lubang. Langkah tersebut mampu meminimalisasi dampak benturan, karena titik berat sudah bergeser.

Bibir pelek rentan rusak

Ban

Pemilihan spesifikasi karet bundar yang tidak sesuai dengan karakter pelek bisa berpeluang merusak, bahkan mengganggu kenyamanan berkendara dan keselamatan. Ketika hendak mengganti ban, lebih baik ikuti spesifikasi bawaan pabrik.

Jika pelek tak lagi standar, diskusikan dengan mekanik perihal spek ban yang cocok. Kecenderungan pelek rusak karena penggunaan profil ketebalan ban yang terlalu minim dan tapak yang terlalu lebar atau terlalu “narik” (gaya hella flush).

Memasang ban off-road berukuran terlalu besar juga tidak disarankan jika tidak sesuai dengan karakter dan material pelek.

Tekanan angin

Selalu periksa tekanan angin ban. Karena jika kurang bisa menyebabkan pelek bengkok di bagian bibir atau pengok. Penyebabnya hampir sama dengan ketika menggunakan ban profil tipis. Sebaiknya pastikan tekanan angin sesuai dengan instruksi pabrikan yang terdapat di dinding bagian dalam pintu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here