Jangan Asal Pilih Ban Tubeless, Yuk Pahami Tipenya Sebelum Membeli

157
Ban jenis tubeless punya 2 tipe dengan beda karakter cukup besar

Kemudi.id – Ban jenis tubeless (tanpa ban dalam) ada dua jenis, bias dan radial. Meski tampak serupa, namun ada perbedaan yang menentukan faktor kenyamanan, keamanan, dan efisiensi.

Jamal dari bengkel MdM mengatakan, perbedaannya hanya pada konstruksi. Pada ban radial terdapat lapisan serat nilon yang dipasang secara menyilang, sementara ban radial dilapisi serat baja lentur yang dipasang berjajar.

Dari perbedaan konstruksi tersebut ada tiga keuntungan lebih untuk ban radial.

Perbedaan ban radial dan bias [bridgestone]
1. Ketika dipakai, ban radial tertekan ke kanan-kiri (arah dinding), sehingga membuat permukaan ban yang menyentuh aspal lebih lebar. Otomatis, daya cengkeram lebih baik, terutama saat menikung. Sementara ban bias, saat dipakai ban tertekan ke depan-belakang, bukan ke samping.

2. Saat tertekan ke kanan-kiri, beban dan panas terdistribusi lebih merata. Sementara model bias, karena beban terdistribusi di tengah, panas akan berpusat di bagian itu. Alhasil, bagian yang cepat aus adalah tengahnya, tidak merata kanan serta kiri. Dengan kata lain, ban radial lebih awet penggunaannya.

Karakter ban tubeless [bridgestone]
3. Meski menggunakan serat baja, pada kenyataannya ban radial lebih lentur saat dipakai. Hal ini memberikan kenyamanan lebih baik, terutama saat menghajar jalan bergelombang, jalan rusak, atau lubang.

Memang harga ban radial lebih mahal, dari ban bias. Namun untuk pengguna, terutama pemakai sepeda motor sport, ban jenis radial akan sangat mempengaruhi performa, terutama unsur keselamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here