Mobil Susah Distarter, Jangan Asal Ganti Aki

Pengecekan aki mobil
Pengecekan aki mobil
Pengecekan aki mobil
Pengecekan aki mobil

Kemudi.id – Kondisi paling menyebalkan dan bisa mengubah mood kita adalah saat ingin menggunakan mobil tiba-tiba tidak bisa distarter.

Kekesalan makin bertambah karena mobil tidak bisa hidup dengan cara didorong karena varian otomatis.

Lantas apa yang bisa sobat Kemudi lakukan?

Mendorong mobil
Menyalakan mobil dengan mendorong hanya bisa dilakukan pada mobil bertransmisi otomatis

Tenang, saat ini zaman sudah mudah dan serba online jadi Anda tak perlu panik berkepanjangan. Silakan telpon bengkel outlet aki yang punya layanan antar atau home service.

Sampaikan keluhan Anda dan biasanya petugas yang akan datang akan menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kerusakan mobil tersebut.

Biasanya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter dan bisa dideteksi selain mengetahui jika akinya sudah soak, seperti yang disampaikan oleh Imam Choiri, pemilik bengkel AP Speed.

ALternator mobil (cannonautorepair)
ALternator mobil (cannonautorepair)

Alternator

Alternator itu merupakan komponen yang punya tugas menyuplai listrik ke aki. Jika altenator rusak, maka mobil tetap tidak bisa dihidupkan walaupun aki sudah diganti.

Solusiniya ada 2, jika masih memungkinkan alternator masih bisa diservis. Kalau susah rusak biasanya langsung diganti.

Kerusakan alternator itu kerap terjadi karena umur dari komponen tersebut yang sudah mulai usang.

Kerusakan pada altenator biasanya ditemui pada mobil yang sudah dipakai 8-10 tahun. Walapun tidak menutup kemungkinan ada yang sudah rusak sebelum lima tahun.

dinamo starter (cintamobil)
dinamo starter (cintamobil)

Dinamo starter

Biasanya kerusakan pada dinamo starter terjadi akibat adanya kemacetan pada part di dalamnya. Kerusakan model tersebut masih bisa diakali atau diservis.

Namun jika kerusakan terjadi pada gear dinamo atau lebih parah maka penggantian dinamo starter adalah jalan terbaik.

Rusaknya dinamo starter bisa disebabkan oleh umur komponen yang sudah menua atau kebiasaan pengendara yang sering memaksakan mobilnya dihidupkan saat kondisi aki soak.

Untuk mencegah bermasalahnya altenator dan dinamo starter secara tiba-tiba, disarankan untuk rutin mengecek kondisi mobil dengan cara servis berkala ke bengkel.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here