Jangan Asal Ganti Head Unit Gaes, Pertimbangkan Hal-hal Berikut

Head unit canggih (daihatsu)
Head unit canggih (daihatsu)
Head unit canggih (daihatsu)
Head unit canggih (daihatsu)

Kemudi.idHead unit (HU) atau sistem hiburan pada kabin sering jadi sasaran pemilik untuk di-upgrade. Biasanya bertujuan untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik, atau sistem hiburan yang lebih lengkap.

Beberapa pemain audio menuturkan, mengganti Head Unit sebaiknya dilakukan supaya membuatnya ”semakin pintar”, bukan memperbaiki kualitas audio. Misalnya bisa touchscreen, bisa dicolok USB, dan lainnya.

Guna memperbaiki kualitas audio penyebabnya banyak, tidak cuma head unit. Bisa dari kualitas speaker, kabel, atau penataan.

Pilihan menu pada head unit (motortrend)
Pilihan menu pada head unit (motortrend)

Untuk mengganti head unit pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal itu karena saat ini banyak mobil yang sistem audionya terintegrasi dengan komponen komputer yang canggih. Dikhawatirkan, saat dicopot dan mengganggu sistem kelistrikan, garansi sudah pasti gugur,

Paling dibutuhkan ketelitian saat mengganti head unit adalah mobil-mobil canggih Eropa yang cukup sulit dioprek.

”Bisa, tapi harus hati-hati karena banyak sistem yang terhubung. Pemasangan juga harus hati-hati karena bisa timbul korsleting. Saran saya, kalau untuk mobil canggih, cukup ganti speaker dan instalasinya saja,” ujar Bernard, pemain audio di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pilihan menu pada head unit (motortrend)
Pilihan menu pada head unit (motortrend)

Berbeda dengan mobil-mobil Jepang yang menjadi favorit banyak orang. Meski head unit-nya terintegrasi dengan dashboard, pada umumnya bisa dilepas dan ada produk aftermarket-nya.

Pengabelan mobil merek Jepang biasanya mudah ”diurut” dan kebanyakan plug and play. Sistem pengoperasian audio lewat tombol pada setir tidak terganggu dan tampilan pada MID tidak terpengaruh.

Bernard menyarankan, saat mengganti Head Unit, alangkah baiknya baru berspesifikasi fit OEM alias berukuran sama. Bisa juga pilih yang fitur konektivitas output-nya memiliki RCA untuk front, rear, dan subwoofer.

Jadi, kalau suatu saat ingin meningkatkan kualitas suara lebih baik, tidak perlu lagi mengganti HU. Minimal punya 2 RCA output dan fitur equalizer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here