Awas Tertipu, Begini Cara Benar Bedakan Kaca Film Asli atau Palsu

Pemasangan kaca film (kompas.com)
Pemasangan kaca film (kompas.com)

Kemudi.id – Hati-hati jika ingin membeli kaca film, khususnya merek 3M. Pasalnya, merek ini bisa dibilang banyak penggemarnya dan sudah dikenal sebagian besar konsumen.

Harga yang tidak terlalu murah dan tidak kemahalan membuka peluang yang coba dimanfaatkan para pebinis untuk bepraktik curang, menciptakan produk palsu.

Nah, agar Anda tidak tertipu ketika mau beli kaca film 3M, ada beberaa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli.

Menurut Agus Setiadi, pemilik toko Griya Auto Film, paling mudah memastikan produk kaca film itu asli atau palsu, lewat logo yang embos di permukaan kaca film.

Perhatikan benar bentuk logo ini, produk asli punya bentuk logo 3M yang khas, dengan ukuran yang kecil, berbeda dengan yang palsu.

Pemasangan kaca film (autonetcare)
Pemasangan kaca film (autonetcare)

“Ukuran logo 3M asli itu kira-kita setengah sentimenter, jika yang palsu lebih besar atau sekitar satu sentimenter,” ungkap Agus.

Ciri kedua bisa dilihat dari warna kaca film tersebut. 3M yang asli terlihat lebih pekat ketimbang yang palsu. Ketiga, jika sudah terpasang di kaca mobil, sorotan sinar matahari akan lebih terasa panas ke kabin.

Menurut Agus, ciri keempat, jika ditawarkan dengan harga yang relatif murah maka patut curigai. Terakhir adalah mengenai kartu garansi. Kaca film 3M asli menggunakan kartu seperti ATM, sedangkan yang palsu hanya terbuat dari kertas biasa.

“Setiap pembelian kaca film 3M asli akan diberikan kartu garansi yang terbuat dari kartu seperti ATM, jika diberikan yang berbentuk seperti karton maka itu palsu. Garansi juga diberikan selama 5 tahun,” kata Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here