Cara Benar Balik Nama Kendaraan Bermotor

STNK dan BPKB kendaraan bermotor (blogibidastra)
STNK dan BPKB kendaraan bermotor (blogibidastra)

Kemudi.id – Berencana mau balik nama kendaraan bermotor? Balik nama adalah proses mengganti nama pemilik di STNK dan BPKB kendaraan motor.

Proses ini kita perlukan biar tidak repot minta KTP pemilik kendaraan yang lama kalau bayar pajak tahunan atau 5 tahunan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Syarat dokumen

Proses balik nama sama seperti bayar pajak tahunan, datang ke Samsat terdekat, tapi siapkan dulu persyaratannya, yakni BPKB asli, STNK asli, KTP pemilik yang baru, dan kwitansi pembelian kendaraan. Kwitansi sebaiknya menyebutkan nomor rangka dan mesin serta warna kendaraan dan pelat nomor.

  1. Cek fisik

Pemilik baru harus mengecek fisik kendaraan untuk memastikan nomor rangka dan rangka mesin. Minta formulir blangko cek fisik ke petugas, biayanya Rp 30.000.

Gerai SIM dan Samsat (ayojakarta)
Gerai SIM dan Samsat (ayojakarta)
  1. Ke loket balik nama STNK

Usai cek fisik, masuk ke loket berikutnya yakni loket balik nama. Serahkan formulir blangko cek fisik tadi serta bayar untuk mengganti nama di STNK.

  1. Ambil pelat baru di loket pencetakan

Setelah membayar pajak, pindah ke loket pencetakan TNKB, biasanya kita diminta menyerahkan satu lembar STNK dulu sebagai bukti kepemilikan.

  1. Ganti Nama BPKB ke Polda

Untuk ganti nama di BPKB proses hanya bisa dilakukan di Polda.

Sebagai tambahan, siapkan waktu yang pas karena pengurusannya agak lama. Untuk mengganti STNK di Samsat biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here