Viral Video Tambal Ban Pakai Tepung, Bisa atau Berbahaya?

Tambal ban pakai tepung
Tambal ban pakai tepung

Kemudi.id – Dunia maya sempat dhebohkan oleh postingan video yang menampilkan tukang tambal ban tengah memberikan tepung di bagian dalam ban sepeda motor.

Video yang diunggah akun Instagram @agoez_bandz4 tersebut, dijelaskan fungsi tepung berkhasiat seperti cairan anti bocor di pasaran.

“Kok pakai tepung? Kok baru tahu. Katanya sama kek cairan ban tubless. Alhasil emang benar si abang. Di tanya belajar dari mana? Abangnya cuman ketawa. The best lah si abang,” begitulah narasi video.

Nah yang jadi pertanyaan, pakah langkah yang dilakukan tukang tambal ban itu benar?

Amir, mekanik dari salah satu toko ban di kawasan Mampang Prapatan menyebutkan bahwa dirinya baru dengar teori yang menurutnya aneh tersebut.

Tambal ban tubeless
Tambal ban tubeless

Menurut Amir sebenarnya boleh saja menggunakan cairan anti bocor selama cara pakainya benar dan tentunya sudah teruji.

Bahkan setelah diisi cairan, kendaraan harus dijalankan beberapa kilo agar cairan merata keseluruh bagian dalam ban dan menempel dengan sempurna.

Sejauh pengalamannya Amir menjelaskan, carian yang tidak benar bisa mengganggu kinerja ban karena ada objek lain yang masuk kedalam ban.

Biasanya jika tidak diikuti dengan cara yang benar akan terjadi gumpalan di satu sisi. Akhirnya akan menyebabkan getaran ketika ban dijalankan.

“Udah lah gak usah macam-macam, kalau ban bocor udah paling bener ditambal pakai model tusuk dan tip top yang aplikasinya seperti plester,” kata Amir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here