Amankah Pakai Ban Motor dengan Kondisi Benjol?

Ban benjol (gridoto)
Ban benjol (gridoto)

Kemudi.id – Karet bundar atau ban pada kendaraan terlebih motor, merupakan komponen yang memiliki tugas penting.

Selain menahan beban kendaraan dan pengendaranya, ban juga terus bergesekan dengan aspal. Salah satu kerusakan pada ban yang kerap terjadi yaitu ban benjol atau kembung.

Kondisi ban benjol biasanya terjadi karena adanya udara yang terperangkap di antara kompon ban, sehingga saat mengisi udara, ada bagian yang kembung.

Bentuk benjol yang biasanya ada di bagian telapak maupun dinding ban yang menonjol, lalu apakah aman jika masih digunakan?

Amir Syarifuddin, mekanik bengkel ban di kawasan Mampang Prapatan menjelaskan, ban benjol sebenarnya tidak nyaman dan tidak aman jika tetap digunakan pada motor.

Gejala yang biasa timbul akibat ban benjol adalah motor terasa getar atau goyang karena ban yang tidak mulus lagi. Nah kalau dari sektor keamanan Amir menyebutkan karena konstruksi bannya sudah rusak, tidak stabil lagi ban tersebut.

Dijelaskan juga, ban yang sudah benjol akan lebih rapuh jika bertemu dengan benda tajam. Paling parah, ban bisa meledak walaupun sangat jarang terjadi.

Ada 3 hal penyebab ban benjol. Paling sering adalah memaksa jalan ban yang kempis, sering kekurangan udara dan banyak bekas tambalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here