9 Faktor yang Buat Harga Mobil Bekas Anjlok

Sales saat menawarkan mobil(hondaofslidell)
Sales saat menawarkan mobil(hondaofslidell)

Kemudi.id – Jual beli mobil itu gampang-gampang susah. Bahkan ada yang bilang seperti jodoh. Meski demikian ada hal-hal yang bisa jadi faktor turunnya harga jual kembali.

Menurut penelusuran Cartoq, ada 9 faktor yang membuat mobil bekas jadi lebih jatuh harga jualnya. Ini daftarnya;

  1. Mobil dengan warna mencolok

Pasar mobil bekas saat ini lebih menyukai mobil dengan warna netral seperti silver, hitam, atau putih. Warna-warna seperti oranye, kuning, merah muda atau warna keras lainnya cenderung tidak memiliki nilai jual kembali yang baik.

Warna mencolok biasanya kerap menampilkan goresan dan lecet dengan lebih mudah. Warna-warna ini juga lebih mahal untuk dicat ulang karena bengkel harus membuat warnanya secara khusus.

Mobil bekas jadi alternatif pilihan ketika harga mobil baru melambung
  1. Modifikasi

Faktor ini tidak sepenuhnya membuat harga jual kembali jadi jatuh. Biasanya modifikasi mobil sembarangan bisa-bisa membuat harga mobil anjlok.

Pembeli mobil bekas cenderung menginginkan kendaraan standar pabrikan dan kemungkinan besar pembeli juga tidak menyukai modifikasi.

  1. Merek

Merek mobil dengan citra yang buruk atau kurang populer juga membuat pembeli mobil bekas enggan memilih. Pembeli mobil bekas pastinya ingin merek mobil yang dipercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Ada faktor kepercayaan tertentu yang terkait dengan merek yang memiliki reputasi lebih tinggi karena orang tahu bahwa produk tersebut telah dicoba dan diuji dan berkinerja baik karena banyak orang yang membelinya.

  1. Layanan purnajual

Faktor ini amatlah penting apalagi jika layanan purnajual yang kurang baik membuat pembeli mobil bekas tidak ingin membelinya. Alhasil, harga mobil bekas itu anjlok.

Keberadaan layanan purna jual yang merata juga menjadi penting untuk kenyamanan pemilik mobil. Jika terjadi kerusakan mobil dimanapun, pemilik akan terasa mudah mencari bengkel resmi untuk perbaikan.

Ada tambahan lain, kendaraan dengan biaya perawatan tinggi mengalami depresiasi jauh lebih cepat dan kehilangan nilainya.

Harga jadi pertimbangan pasar mobil bekas
  1. Berkarat

Adanya karat berarti mobil tidak dirawat dengan baik dan itu akan mempengaruhi nilai jual kembali secara signifikan. Bahkan karat kecil pun dapat menyebar dan mempengaruhi bagian yang lebih penting seperti suspensi, sasis, dan bagian lainnya.

Karena masalah karat, biaya perbaikan akan meningkat. Orang biasanya tidak membeli mobil bekas yang sudah berkarat. Jadi, jika Anda melihat tanda-tanda karat, segera lakukan perbaikan.

  1. Tangan kesekian

Ada istilah tangan pertama, kedua, ketiga atau selanjutnya. Artinya mobil tersebut sudah berpindah tangan beberapa kali atau masih pemilik pertama.

Bertambahnya jumlah pemilik, kemungkinan kendaraan bekas itu disalahgunakan semakin tinggi. Pemilik mobil sebelumnya bisa saja seorang pengemudi yang tidak memperhatikan kondisi mobilnya dengan baik.

  1. Bekas kecelakaan

Jelas, mobil yang pernah mengalami kecelakaan akan jatuh nilai jualnya. Sebab, kita tidak dapat benar-benar mengetahui seberapa besar kerusakan yang telah terjadi pada kendaraan tersebut.

Misalnya, kerusakan mungkin hanya terjadi pada bumper depan, tetapi ada ranting yang dapat melubangi radiator tanpa disadari. Anda akan memperbaiki bumper depan, tetapi kerusakan radiator mungkin tidak terdeteksi.

SUV merupakan jenis mobil bekas yang kurang diminati
  1. Tak ada catatan servis

Catatan servis kini menjadi bagian penting saat menjual mobil. Jika Anda memiliki catatan servis yang tepat, mobil akan dapat mempertahankan nilainya dengan lebih baik karena pembeli akan dapat mempercayai Anda bahwa kendaraan telah dirawat dengan baik.

  1. Polis Asuransi

Jenis polis asuransi berdampak besar pada nilai jual kembali. Jika Anda memiliki asuransi asuransi komprehensif kendaraan akan mampu memiliki nilainya jauh lebih baik. Jenis polis asuransi ini akan memberikan ketenangan pikiran bagi Anda dan pembeli mobil bekas juga. Jika mobil tidak memiliki asuransi, harga jual kembalinya akan lebih rendah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here