Cara Mutasi Surat Mobil Secara Online

Gerai SIM dan Samsat (ayojakarta)
Gerai SIM dan Samsat (ayojakarta)

Kemudi.id – Mutasi surat kendaraan diperlukan jika anda membeli mobil bekas yang terdaftar di kota lain. Alasan lain adalah Anda berpindah domisili ke kota lain.

Mutasi diperlukan agar nomor kendaraan dan pajak disesuaikan dengan daerah di mana anda tinggal.

Pada kondisi pandemi dan perkembangan internet, mutasi tak perlu lagi datang ke Samsat. Ada beberapa langkah yang perlu anda lewati untuk melakukan mutasi mobil berdasarkan beragam informasi.

  1. Syarat

Seperti mengurus mutasi biasa, ada berkas yang menjadi syarat dan harus disiapkan. Dokumen yang akan diperlukan dalam proses ini adalah STNK, BPKB, KTP asli pemilik, Kwitansi pembelian kendaraan, dan materai Rp 6.000.

Apabila Anda melakukan pembelian kendaraan di bawah badan hukum, maka harus menambahkan dokumen lain. Mulai dari akte pendirian, surat kuasa bermaterai Rp. 6.000, keterangan domisili, dan tanda tangan pimpinan. Siapkan seluruh dokumen tersebut baik asli maupun fotokopian sebanyak 2 lembar.

STNK dan BPKB kendaraan bermotor (blogibidastra)
STNK dan BPKB kendaraan bermotor (blogibidastra)
  1. Cek fisik kendaraan

Untuk tahap ini Anda masih tetap harus mengunjungi Samsat. Petugas Samsat perlu melakukan pengecekan fisik yang lebih komprehensif terkait kondisi terkini kendaraan. Apabila sudah dicek, petugas akan memberikan hasilnya dalam bentuk formulir.

  1. Pembuatan BPKB baru

Datangi Direktorat Lalu Lintas untuk mengurus BPKB yang baru dengan cara biasa. Memang proses online ini tidak sepenuhnya online seperti harus cek fisik dan buat BPKB di Samsat dan Dirlantas masih dengan cara lama. Namun, setelah ini proses selanjutnya dapat dilakukan online.

Setelah ini barulah Anda bisa mengisi formulir secara online tanpa harus mendatangi kantor Ditlantas lagi. Masukkan data diri sesuai dengan identitas penduduk, seperti pengisian NIK. Setelah NIK dimasukkan, maka data diri Anda akan terekam secara otomatis. Jadi, Anda tak perlu memasukkan data diri secara manual.

  1. Biaya

Beda daerah, beda pula biaya mutasinya tergantung kebijakan pemerintah daerah setempat. Biaya cek fisik sekitar Rp 20 ribu, Biaya pengesahan STNK sekitar Rp 200 ribu, dan biaya untuk pengesahan mutasinya sekitar Rp 50 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here