Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

STNK dan BPKB kendaraan bermotor (blogibidastra)
STNK dan BPKB kendaraan bermotor (blogibidastra)

Kemudi.id – Beberapa waktu belakangan ini kerap muncul informasi mengenai pemutihan pajak kendaraan bermotor. Sebenarnya apa yang dimaksud dan bagaimana sebenarnya kebijakan tersebut.

Pemutihan pajak itu merupakan kebijakan relaksasi pajak kendaraan bermotor berupa penghapusan denda atau sanksi administratif cukup membantu pemilik kendaraan yang terlambat membayar pajak.

Tentunya hal ini akan mengurangi beban pemilik kendaraan karena tidak perlu menanggung denda yang dibebankan ketika terlambat membayar pajak.

Nah, ada beberapa kalangan masih menganggap dan salah tafsir soal pemutihan pajak. Ada yang beranggapan bahwa pembebasan denda pajak kendaraan sama halnya menggratiskan pajak kendaraan yang terlambat.

Gerai SIM dan Samsat (ayojakarta)
Gerai SIM dan Samsat (ayojakarta)

Itu adalah anggapan yang salah, pemutihan pajak kendaraan tidak mengubah besaran pajak kendaraan. Artinya, pemilik kendaraan tetap diharuskan membayar pajak kendaraan dengan besaran yang sudah ditentukan seperti biasanya.

Hanya saja, untuk sanksi atau denda yang seharusnya dibebankan sebesar 2,5 persen dari nilai pajak tersebut dihilangkan. Sehingga, wajib pajak cukup melunasi tunggakan pajak pokoknya saja dan tidak perlu membayar sanksi keterlambatannya.

Sementara itu, mengenai kebijakan penghitungan keterlambatan pajak kendaraan yang dibebankan kepada pemilik kendaraan di setiap daerah berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here