Cara Pertahankan Aroma Kabin Tetap Segar

Bau tak sedap di kabin mobil (carwise)
Bau tak sedap di kabin mobil (carwise)

Kemudi.id – Kenyamanan berada di kabin mobil bisa jadi tidak nyaman salah satu penyebabnya adalah aroma tak sedap.

Rudi Arman, pengelola bengkel cuci dan poles di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, mengatakan biasanya aroma tak sedap, macam bau apek, disebabkan oleh sisa makanan yang tercecer, hingga karpet basah sisa kaki yang kena air hujan.

Lantas bagaimana cara mengembalikan keharuman kabin hingga kembali nyaman? Menggunakan wangi-wangian mobil sebenarnya cukup efektif, tapi saat aromanya habis, kembali muncul bau semula.

Berikut hal-hal untuk menghilangkan bau tak sedap kabin yang lebih alami menurut Rudi:

1. Buka kaca (sedikit) semalaman. Sedikit membantu menyirkulasikan udara dengan yang baru. Tapi tetap cari sumber utama yang terus menyebarkan bau tak sedap. Lakukan ini di garasi yang aman dari hujan.

2. Cuci karpet atap pelapis pada bagasi. Lalu, lakukan hal yang sama untuk karpet interior. Biasanya sumber bau paling besar ada pada bagian ini. Keringkan sampai tuntas.

3. Jika jok mobil anda dilapisi bahan fabric, cuci atau bersihkan, jangan lupa dikeringkan.

4. Kopi. Merupakan cara tradisional yang banyak dipakai. Kopi bubuk tanpa gula diletakkan pada sudut kabin dan didiamkan semalam. Tak harus kopi mahal.

5. Baking soda. Percikkan pada beberapa spot, diamkan semalam. Lalu keesokannya, bersihkan dan sedot pakai vacuum cleaner.

6. Resep lain, pakai cuka apel dan disemprotkan ke beberapa bagian seperti karpet.

7. Tentu saja, kalau sibuk dan tak sempat, bawa ke spesialis pembersihan mobil seperti salin mobil yang akan menyediakan zat khusus penghilang bau.

Ingat, tidak semua karpet bisa dilakukan hal yang sama. Cari yang paling sesuai, kalau bau masih bandel, bawa ke salon mobil untuk dilakukan perawatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here