Wednesday, May 21, 2025
HomeHeadlineMitsubishi Xforce Ultimate DS Ada 4 Drive Mode dan Active Yaw Control,...

Mitsubishi Xforce Ultimate DS Ada 4 Drive Mode dan Active Yaw Control, Begini Cara Kerjanya

Jakarta, Kemudi.id – Mitsubishi Motors terus merespon keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap fitur-fitur yang ada di mobil. Saat ini, semakin banyak fitur yang menunjang keamanan ketika berkendara maka akan sangat baik dan bisa diterima konsumen.

Bentuk dan wujud nyata respon tersebut, Mitsubishi Motors melahirkan Mitsubishi Xforce Ultimate CVT dengan tambahan teknologi ‘Diamond Sense (DS)’. Trim tertinggi yang lebih sering disebut Mitsubishi Xforce Ultimate DS ini ini muncul di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 silam.

‘Diamond Sense (DS)’ merupakan nama dari sekumpulan teknologi keselamatan dan keamanan berkendara yang ada di Mitsubishi Xforce tersebut.

Dengan adanya fitur Diamond Sense tersebut bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat kesalahan pengendara. Fitur-fitur ini bisa membantu pengendara terhindar dari kecelakaan juga mengurangi risiko akibat pengemudi mengantuk.

Redaksi Kemudi.id pernah merasakan langsung fitur-fitur yang sangat berguna tersebut. Seperti mengaktifkan adaptive cruise control (ACC) yang membuat berkendara bisa lebih rileks.

Fitur ini bisa menyesuaikan dengan kendaraan yang ada di depan. Jika ternyata kendaraan di depan lebih pelan, maka Mitsubishi Xforce Ultimate DS juga akan memperlambat kecepatan. Bahkan bisa sampai sangat pelan.

Aktifkan Adaptive Cruise Control sangat mudah (foto : toncil)

Kemudian juga kehadiran Rear Cross Traffic Alert (RCTA) sangat membantu ketika mundur. Karena fitur ini mendeteksi pergerakan di belakang mobil. Jika berpotensi terjadi benturan, maka akan ada warning di kabin. Ini sangat berguna saat mundur dan pandangan samping agak tertutup.

Kalau bagian belakang saja ada sensor apalagi depan. Lewat fitur Forward Collision Mitigation (FCM), bisa mengurangi potensi benturan di depan jika ternyata ada objek dan mobil terdeteksi tidak melakukan perlambatan.

Warning akan bersuara lantang diikuti dengan pengereman secara otomatis oleh sistem di mobil. Diharapkan pengemudi menjadi sadar akan potensi tersebut.

Untuk yang senang bepergian kemanapun, ada kalanya mobil harus berhenti saat di jalan menanjak. Enggak perlu khawatir karena sudah dilengkapi dengan Hill Start Assist (HSA). Teknologi ini mencegah mobil mundur saat ditanjakan meski pedal rem tidak diinjak.

Enggak sampai di fitur Diamond Sense saja, Mitsubishi Xforce Ultimate DS juga dilengkapi dengan 4 pilihan drive mode. Ada Normal, Wet, Gravel dan Mud.

Cukup banyak yang bertanya, untuk apa ada pilihan-pilihan ini.

Tentu fitur ini dikembangkan ada maksud tertentu dan demi keselamatan pengendara. Jika pemilihan Normal, maka mobil akan berjalan biasa normal. Pedal gas diinjak sekitar 50%, tenaga keluar 60%.

Dengan demikian, konsumsi akan lebih efisien. Sebab pengemudi enggak perlu injak pedal gas terlalu dalam untuk meraih tenaga.

Pilihan ke Wet. Ini cocok jika kondisi jalan hujan atau basah, yang mengakibatkan jalanan licin.

Fitur AYC bikin pengendalian tetap stabil (foto : Mitsubishi)

“Bisa saja di kondisi ini pedal gas diinjak 70% tapi keluar tenaga 50%. Kenapa tenaganya kok lebih kecil, karena berdasar hitungan computer dan setup yang ada, untuk menjaga supaya mobil tidak tergelincir atau terpeleset,” ucap Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors yang juga pereli senior Indonesia.

Selanjutnya pilihan Gravel yang lebih pas dipakai untuk kondisi jalan berkerikil atau tanah lepas. Sedangkan pilihan Mud untuk kondisi yang berlumpur.

Wah repot dong. Sama sekali tidak. Karena pengemudi hanya tinggal memindahkan saja drive mode-nya dan biarkan computer mobil yang bekerja menyesuaikan.

Fitur lainnya yakni Active Yaw Control (AYC). Fitur ini hanya aktif jika drive mode ada di Wet dan Gravel saja. AYC akan mengontrol mobil, lewat perputaran roda.

YAW akan bekerja jika mendapat perintah dari throttle body, ABS, sudut setir juga putaran mesin. Kerja YAW ini juga terkait dengan kemudi.

Ketika memilih drive mode Wet, maka kemudi akan sedikit lebih berat. Hal ini disengaja supaya pengemudi tidak terlalu mudah membelokkan kemudi yang bisa membuat mobil hilang kendali.

Informasi di layar sangat banyak. Yang di foto hanya sebagian saja (foto : toncil)

“Saya sangat suka fitur drive mode dan AYC. Membuat saya aman saat berkendara. Terutama ketika harus melintas di jalanan berkerikil, becek, atau di saat hujan lebat. Nyetir jadi makin percaya diri,” ungkap Tya, pengguna Mitsubishi Xforce Ultimate DS.

Semua fitur-fitur yang ada tersebut akan dikontrol oleh computer di mobil. Sehingga pengemudi hanya fokus berkendara saja.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terpopuler