Cikarang, Kemudi.id – Laga Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024 tak lama lagi akan berlangsung (11-17/8/2024).
Semangat peserta asal Indonesia untuk event yang berlangsung di Thailand ini sangat ‘menyala’. Tim DEXC Racing Indonesia salah satu yang mempersiapkan diri secara maksimal.
Bertempat di Meikarta jalur gravel, tim yang menggunakan Toyota Hilux GR Sport ini melaksanakan latihan. Beberapa bulan lalu sempat juga latihan, kemudian yang terakhir pada Minggu (21/7/2024).
Baca :Â Pengalaman Ikut AXCR Pakai Motor, Rudy Poa: Nyasar Hal Biasa, Sabar Yang Utama
Dalam latihan tersebut diajak pula beberapa media dan sponsor. Sambil melakukan seting terakhir.
“Secara mobil, kita memang ada sedikit upgrade dibanding saat kita ikut tahun lalu. Utamanya di suspensi,”
“Karena kita ikut di kelas standar, jadi enggak banyak yang bisa kita ubah. Sebagian besar standar pabrik, belakang juga masih pakai per daun, tapi sudah kita ganti,”
“Sangat berharap tahun ini bisa dapat hasil yang lebih baik dari tahun lalu,” jelas Dendy Adi Suryo, sang driver.
Efek tuning suspensi ini sangat terlihat. Kemudi.id sempat ikut di dalam mobil dan duduk di bucket seat belakang. Sangat terlihat Dendy mudah saja mengendalikan mobil.
Layaknya berkendara di dalam perkotaan, semudah itu pria asal Purworejo, Jateng ini mengendalikan mobil.
Baca : Honda Munculkan Step WGN e:HEV di GIIAS 2024, Kabin dan Setelan Jok Sangat Menggoda, Sayangnya…
“Tadi pagi belum seperti ini. Sekarang saya pikir sudah dapat seting yang pas. Sepertinya di AXCR nanti akan pakai seting yang ini,” tambah Dendy lagi.
Suspensi, bagian depan mengandalkan keluaran Ohlins model coilover. Sedangkan belakang hanya sokbreker saja yang Ohlins. Tidak pakai coilover karena di regulasi memang tidak boleh.
Selain suspensi, mesin juga dapat sentuhan ringan. Toyota New Hilux GR Sport yang bermesin 2.800 cc ini dalam keadaan standar punya tenaga 204 PS.
Setelah ada sedikit upgrade, tenaga meningkat jadi sekitar 280 PS. Sangat cukup untuk menempuh jarak lebih dari 2.000 kilometer.
Sayangnya, ketika latihan tersebut ada insiden cukup serius. Mobil terpaksa berhenti ketika taxi ride karena muncul api dari kap mesin.
Diperkirakan ada hubungan arus pendek pada kabel winch.
Selain melakukan pengetesan dan latihan, tim DEXC Racing Indonesia, Dendi Adi Suryo (driver), Hendro Nugroho (co-driver 1) dan Rindra Pradipta (co-driver 2) juga berlatih fisik.
Disebutkan kalau latihan di gym bukan untuk membentuk otot, tapi lebih ke endurance dan pengaturan nafas.
“Karena saat balap, kita butuh stamina yang sangat prima. Kita balap dalam satu hari bisa ratusan kilometer, kalau enggak jaga fisik bisa cepat capek,”
“Selain itu kalau sudah capek, sangat mudah emosi. Padahal di AXCR ini harus jaga emosi. Harus kompak supaya bisa terus finish,” tambah Edo, panggilan akrab Hendro Nugroho.
Sementara itu, untuk event tahun ini di kabin Toyota New Hilux GR Sport tetap bertiga. Rindra pendatang baru dan akan duduk di belakang berbagi tugas dengan Edo.
Nantinya Rindra akan melihat jarak-jarak pendek dan notasi rute selanjutnya akan dieksekusi Edo.
Untuk event tahun ini DEXC Racing Indonesia punya target berada meraih podium. Berdasar pada pengalaman tahun lalu.
Menyala tim DEXC Racing Indonesia.