Jakarta, Kemudi.id – BMW Astra menyulap dealer yang ada di kawasan Cilandak, Jaksel menjadi seperti rumah untuk konsumen dan para calon konsumennya.
Yup, benar sekali. Masuk ke dealer BMW Astra di Cilandak tersebut tidak hanya disuguhi dengan jajaran mobil layaknya dealer biasa. Tapi juga akan sangat mudah ditemui kursi, sofa, televisi dan lainnya. Persis seperti ruang tamu atau ruang keluarga rumah kebanyakan.
Tenang, memang tidak salah masuk dealer kok, tapi memang dealer tersebut menerapkan model tampilan baru. Namanya, Retail.Next.
“Memang konsep dealer BMW Retail.Next ini sangat berbeda dibanding dealer lainnya. Dealer yang telah menerapkan konsep ini, lebih ke homey, nyaman juga tenang. Jadi konsumen bisa rileks dan nyaman saat masuk dealer ini,” ucap Sanfrantis Tanu, Chief Executive BMW Astra saat launching dealer BMW Astra Retail.Next (12/12/2024).
Untuk BMW Astra, dealer di Cilandak, Jaksel tersebut menjadi yang pertama menerapkan konsep Retail.Next tersebut. Padahal punya 8 dealer yang tersebar di berbagai daerah.
Nantinya, seluruh dealer BMW Astra juga akan menerapkan konsep tersebut, namun secara bertahap. Diperkirakan pada 2026 semuanya sudah masuk Retail.Next.
Sementara itu, untuk dealer di Cilandak, BMW Astra telah mengeluarkan investasi sebesar Rp 12 miliar.
“Itu perkiraan hanya untuk renovasi depan, fasad dan juga dalam. Belum menjangkau ke belakang, yang nantinya juga akan kita renovasi,” ucap Frantis, panggilannya.
Ketika Kemudi.id masuk ke dalam dealer, konsep yang ditawarkan memang benar-benar berbeda. Selain terdapat sofa, kursi, televisi besar seperti yang sudah disebutkan di atas, ternyata juga sudah tidak ditemui meja-meja untuk menerima konsumen.
“Kalau biasanya di dealer kita jumpai meja Service Advisor (SA) atau lainnya untuk menerima tamu atau konsumen, di dealer ini sudah tidak ada lagi,”
“Konsumen datang, masuk langsung ngobrol dengan staf. Utarakan kemauannya apa, kemudian duduk dan staf akan menindak lanjuti semuanya. Konsumen tinggal menikmati saja,” tambahnya.
Selain itu, mobil-mobil BMW yang dipajang juga tidak terlalu banyak. Tercatat hanya ada sekitar 5 mobil Jerman tersebut di ruang dealer. Yang di sampingnya dibikin konsep seperti di rumah.
BACA : BMW Luncurkan M4 CS dan M2 Special Edition, Mobil Dua Alam, Bisa Sirkuit Juga Harian
Ini memang membuat konsumen jadi betah. Ketika duduk di kursi atau sofa, dan melihat unit anyar di depan, mau tidak mau akan melihat-lihat juga. Kemudian diharapkan akan melakukan pemesanan unit.
Konsep Retail.Next yang diterapkan oleh BMW ini benar-benar membuat konsumen dimanjakan.