Penulis : RNG
Jakarta, Kemudi.id – Kawasaki baru saja merilis dua motor retro terbarunya, W230 dan Meguro S1 di IIMS 2025. Walau punya nama yang berbeda, keduanya berbagi basis serupa dan punya banyak kesamaan.
Biar tidak bingung yuk kita bahas perbedaan kedua motor ini.
Sebelumnya kita bahas dulu kesamaan W230 dan Meguro S1. Kedua motor mengusung desain ala motor retro. Terlihat dari segi desain menggunakan tangki bensin model ‘tear-drop‘ dan silencer knalpot ‘pea shooter‘.

Desain retro ini diberi sentuhan modern, seperti headlamp LED berbentuk bulat. Selain itu mesin 233 cc 1 silinder 4 katup berpendingin udara yang diusungnya juga sudah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik.
Mesin ini menghasilkan tenaga 18 ps (17,7 dk) dengan torsi 18,6 Nm. Tenaga tadi disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 6 speed.

Oiya walau lampu utama sudah pakai LED, ternyata lampu sein depan dan belakang serta lampu rem masih pakai bohlam. Lampu seinnya punya mika oranye berbentuk bulat, sementara lampu rem bentuknya mirip sekali dengan lampu W175.
Masih dalam tema retro, panel instrumen kedua motor berbentuk dua buah lingkaran. Sebelah kanan berisi takometer, sementara bagian kiri spidometer.

Di bawah takometer terdapat sederet indikator seperti ABS, MIL, lampu-lampu, indikator aki, netral dan indikator low fuel karena motor ini tidak dilengkapi dengan fuelmeter. Pada bagian spidometer, terdapat layar LCD kecil di bawahnya yang menampilkan odometer.
Bagian kaki-kaki, baik W230 dan Meguro S1 menggunakan pelek berukuran belang, 18 inci di depan dan 17 inci di belakang. Pelek ini dibalut karet bundar IRC Grand High Speed berukuran 90/90-18 di depan dan 110/90-17 di belakang dengan bentuk alur jadul.

Tema retro pun juga tergambar pada suspensi yang digunakan. Sok depan menggunakan teleskopik dengan diameter as 37 mm. Sementara belakang pakai dual-shock yang dengan setelan preload 5 tingkat.
Walau mengusung genre retro, soal pengereman pakai komponen modern! Rem depan pakai cakram 265 mm dengan kaliper 2 piston sedangkan belakang pakai cakram 220 mm dengan kaliper 1 piston. Sistem pengereman lengkap dengan ABS (Anti-lock Braking System) 2 channel.

Yang tadi merupakan kesamaan dan fitur W230 dengan Meguro S1. Selanjutnya kita bahas perbedaan kedua motor ini.
Secara umum perbedaan keduanya hanya dari tampilan saja. Mulai dari tangki, W230 pakai warna solid (putih) dengan logo W-Series pada bagian sampingnya. Beda dengan Meguro S1 yang pakai logo ‘Meguro’ pada bagian samping serta warna paduan chrome dan kelir hitam (ebony).

Kemudian jok W230 modelnya bergaris-garis vertikal dan horizontal, dengan paduan warna putih di bagian samping. Sementara itu jok Meguro S1 cenderung polos dengan lis berwarna putih.
Sentuhan kecil lain ada pada side panel Meguro S1 yang tedapat logo ‘Meguro’ dalam huruf Katakana Jepang. Perbedaan terakhir, Meguro S1 dilengkapi dengan background spidometer berwarna putih, dengan logo Meguro dalam bahasa Jepang berwarna merah.

Menurut penjelasan Michael C. Tanadhi, Deputy Head Sales Dept. Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia, tangki chrome ini termasuk yang cukup sulit pembuatannya. Sehingga ada perbedaan harga hingga Rp 6,6 juta diantara keduanya.
Sebagai info, Kawasaki Indonesia membanderol W230 seharga Rp 72,6 juta sedangkan Meguro S1 sedikit lebih mahal di angka Rp 79,6 juta. Kedua harga OTR Jakarta. Unit motornya sendiri sudah bisa dipesan konsumen dengan pengiriman mulai akhir Februari ini.

