Wednesday, May 21, 2025
HomeHeadlinePasang Aksesoris Ini, Kawasaki W175L Tampil Lebih Retro!

Pasang Aksesoris Ini, Kawasaki W175L Tampil Lebih Retro!

Penulis : RNG 

 

Banten, Kemudi.id – Kawasaki W175L jadi pilihan menarik buat penggemar motor bertampang klasik, tapi dengan teknologi mesin injeksi. W175L yang sudah pakai komputer untuk mesin ini membuat pengoperasian sampai perawatan jadi lebih mudah dibanding saudaranya yang masih karburator.

Walau sudah mengusung tampilan retro dari lahir, tidak ada salahnya membuat W175L terlihat lebih keren. Bengkel Teras (B.E.A.R.S) sebagai salah satu bengkel spesialis Kawasaki W175 punya contoh W175L yang sudah dimodifikasi nih sob.

Bogie Ariestian, pemilik Bengkel Teras menjelaskan aksesoris buat W175L yang sudah dipasang dan tersedia di bengkelnya. Mulai dari knalpot, Bengkel Teras membuatkan satu set knalpot baru untuk W175L.

Knalpot model pea shooter baru dari stainless steel (foto : RNG)

Bogie menjelaskan ternyata knalpot bawaan W175L injeksi ini jadi satu kesatuan, antara ‘leher’ dan silencernya. Bukan terpisah (model slip on) seperti motor lawas.

‘Leher’ knalpot baru dibuat dari material stainless steel, lengkap dengan dudukan O2 sensor karena sudah pakai sistem injeksi. Selain itu, bagian silencer model pea shooter yang jadi ciri khas W175L juga dibuat dari stainless steel.

Knalpot ini model slip on alias terpisah dengan pipa atau leher knalpot. Sehingga bisa diganti model yang lain sesuai keinginan jika bosan. Knalpot baru ini dudukannya menyesuaikan braket knalpot di W175L, jadi pemasangannya sudah pasti plug & play.

Pada leher knapot baru buat W175L terdapat dudukan O2 sensor (foto : RNG)

“Setelah (knalpot) dipasang memang masih ada gejala nembak, tapi sedang dicari solusinya. Kalau yang lama (karbu) kan tinggal tutup AIS,” sebut Bogie.

Diriny menyebut bisa pakai knalpot aftermarket yang lama, tapi dipotong sedikit karena beda braket dudukan bautnya.

Kemudian ada sepasang sepatbor depan dan belakang. Perangkat baru buatan Bengkel Teras ini pakai bahan pelat galvanis 1,2 mm dan hadir dengan finishing chrome yang membuat W175L terlihat lebih klasik!

Sepatbor belakang baru yang lebih panjang dari pelat, stoplamp dan sein bawaan juga bisa langsung dipasang di sepatbor baru (foto : RNG)

Sepatbor depan dan belakang dibuat sesuai dengan ukuran W175L. Perbedaan dengan W175 versi dahulu, ternyata sok depan model injeksi lebih panjang sedikit. Dudukan sepatbor depan ini masih di tabung sokbrekernya.

Sama juga dengan sepatbor belakang yang terpasang di dudukan lama secara plug & play. Termasuk stoplamp juga bisa langsung dipasang

“Sepatbor bikinan Bengkel Teras ini bagian belakangnya lebih panjang. Selain itu terbuat dari pelat sedangkan yang lama dari plastik,” sebut Bogie seraya menyebut nantinya ada warna-warna lain selain krom.

Bengkel Teras juga punya skidplate buat W175L yang dibuat baru karena braketnya berbeda dengan W175 lama. Dengan begitu tidak bisa kalau pakai skidplate yang lama. Skidplate ini dibuat dari aluminium setebal 3 mm.

“Skidplate nantinya ada 10 model dengan warna hitam dan aluminium,” sebut pria ramah ini.

Walau Kawasaki mengklaim setang W175L lebih tinggi dari setang W175 biasa, Bengkel Teras juga menyediakan setang aftermarket model camar. Setang ini lebih tinggi 2 cm dibandingkan bawaan W175L.

Tujuan ganti setang tentu supaya lebih nyaman dikendarai. Terutama bagi pengendara yang punya postur tinggi. Pemasangannya secara pnp tanpa mengubah kabel-kabel di motor.

Setang camar aftermarket dari Bengkel Teras lebih tinggi dari bawaan standar Kawasaki W175L (foto : RNG)

Aksesoris terakhir yang tidak kalah menarik berupa tuas persneling model injak di depan dan belakang. Tuas yang biasa ditemui di motor bebek dan sport jadul ini disediakan buat W175L. Bogie menjelaskan tuas ini pakai punya Yamaha V-Ixion yang dimodifikasi pada bagian lubang as persnelingnya.

“Pakai tuas seperti ini selain mudah, juga tidak merusak sepatu karena tidak perlu mencungkil,” sebutnya.

Soal harga langsung simak aja sob. Untuk knalpot, silencer dijual seharga Rp 925 ribu, sementara biaya full system Rp 1,35 juta termasuk pemasangan (termasuk leher baru dan dudukan O2 sensor).

Tuas persneling model injak depan-belakang lebih klasik dan mudah dioperasikan (foto : RNG)

Kemudian sepatbor depan Rp 1,3 juta dengan finishing chrome, kalau warna biasa Rp 700 ribu. Sepatbor belakang Rp 1 juta buat model chrome dan warna biasa Rp 600 ribu.

Skidplate model tanpa lubang Rp 250 ribu, sedangkan model berlubang Rp 300 ribu. Setang model camar dengan finishing chrome dijual seharga Rp 385 ribu, kalau hitam Rp 275 ribu. Terakhir tuas persneling model injak depan-belakang Rp 200 ribu.

Bogie menyebut semua part ready stock karena sudah mulai diproduksi. Pemasangan knalpot dan sepatbor depan di Bengkel Teras tidak dikenakan biaya. Sedangkan pasang sepatbor belakang dan setang ada biaya jasa Rp 100 ribu.

Pemilik Kawasaki W175L yang tertarik dapat langsung menyambangi Bengkel Teras yang berlokasi di Jl. Cendrawasih IV Komplek Deplu 74 No.09, Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.
Bengkel Teras (BEARS): 0852-8676-1000

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terpopuler