Jakarta, Kemudi.id – Memiliki mobil dan juga berkendara bisa lebih nyaman jika ada perlindungan baik untuk kendaraan, pemilik, pengemudi bahkan sampai ke penumpang.
Sampai saat ini masih sangat jarang merek mobil yang mau memberikan layanan seperti yang telah disebutkan. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengambil langkah berani untuk itu.
Program aftersales bernama Hyundai Jamin yang diluncurkan tersebut membuat konsumen semakin loyal dan terjaga ketika menggunakan produk Hyundai.
Info menarik : Hyundai Media Drive : The New Creta, Seperti Ini Impresi Berkendara dari 3 Trim Yang Dibawa
“Program yang saat ini berjalan sudah sangat berbeda dengan waktu pertama kali diluncurkan. Program yang sekarang ini sudah diperbaharui dan memberi rasa aman untuk konsumen. Program ini berlaku untuk semua produk Hyundai,” sebut Thomas Sigit Pamungkas, Head of Sales & Planning Strategy PT HMID.
Program Jamin Ganti Mobil Baru mungkin terasa tidak masuk akal, tapi HMID tetap melakukannya. Mobil konsumen akan diganti dengan unit yang baru jika terlibat kecelakaan dengan catatan jika biaya perbaikan lebih dari 50% dari harga mobil baru.
Wah, ini sih bikin berkendara jadi sangat tenang.

Kemudian ada juga Jamin Penggantian Biaya Ban Baru. Hyundai akan mengganti 100% biaya pembelian ban baru jika rusak meledak atau robek samping. Besarannya disesuaikan dengan ban standar mobil.
Contoh, untuk Hyundai STARGAZER, jika harga ban standar Rp 1 juta/ban, maka punya batas sampai Rp 4 juta.
Selanjutnya ada Jamin Biaya Medis Konsumen. Menariknya jaminan ini berlaku tidak hanya untuk pengendara, tapi juga pemilik dan penumpang jika mengalami kecelakaan lalu lintas. Besarannya Rp 100 juta per orang dan sesuai dengan jumlah penumpang atau kapasitas mobil.
Info menarik : Hyundai New Creta Meluncur, Tambah Varian N Line
Ada juga Jamin Pelunasan Cicilan. Hyundai akan melunasi seluruh cicilan dari pemilik mobil jika kecelakaan lalu lintas sampai meninggal dunia atau cacat permanen dan tidak bisa memperoleh penghasilan lagi.
Berbeda dengan jamin biaya medis, program pelunasan cicilan itu jika terjadi pada debitur atau nama pemilik mobil.
Kemudian ada juga program Jamin Resale Value Program 70%. Sesuai namanya, Hyundai akan membeli kembali mobil konsumen dengan nilai 70%.
“Ada 6 ketentuan yang harus dipenuhi konsumen untuk bisa ikut program itu,” tambahnya.
Ketentuan tersebut yakni mobil harus servis record bengkel resmi. Kemudian dalam jangka waktu 3 tahun, jarak tempuh tidak lebih dari 60 ribu. Ketentuan ketiga yakni untuk trade-in ke Hyundai kembali. Selanjutnya, berlaku untuk tangan pertama.
Dalam kurun waktu servis, selalu menggunakan komponen asli Hyundai. Mobil tidak pernah dilakukan modifikasi atau mengubah fungsi keamanan. Hyundai yang akan dijual masih dalam keadaan baik di eksterior dan interior. Terakhir, jelas dokumen harus lengkap.

Selain itu juga ada program Hyundai Jaga. Supaya kondisi dan performa mobil tetap prima. Layanan yang tersedia yakni Service @myHyundai. Ini merupakan layanan antar jemput mobil konsumen untuk perawatan. Jaraknya maksimum 20 kilometer.
Selanjutnya ada layanan ketersediaan sparepart kendaraan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam sejak order diterima pihak bengkel resmi.
Kehadiran bengkel Hyundai yang sudah lebih dari 100 outlet juga demi menjaga kondisi mobil. Dilengkapi juga dengan mobile service, sehingga pemilik Hyundai enggak perlu datang ke bengkel resmi untuk perawatan berkala.
Memudahkan konsumen juga ada layanan roadside assistance yang siap saat darurat. Ini berlaku gratis untuk kendaraan yang masih dalam masa warranty.
Info menarik : Modal Beli Hyundai Stargazer X, Ibu-ibu Dapat Ioniq 6 Secara Gratis
Pelayanan Take Me Home untuk mobil yang terkendala di jalan juga membantu. Dalam jarak 80 kilometer, pelanggan akan diantar pulang ke rumah, sementara mobil dikirim ke bengkel.
Selanjutnya, Hyundai juga menyiapkan layanan Body & Paint Service yang punya jangkauan luas. Dengan demikian, warna mobil akan kembali seperti sediakala.
Guna memudahkan, konsumen juga bisa memanfaatkan Booking Service di bengkel resmi supaya tak menunggu terlalu lama. Layanan terakhir dari Hyundai Jaga yakni Warranty, menyediakan 12 aksesori resmi yang didesain khusus untuk Hyundai supaya tampil lebih personal.
Dengan program ini, punya Hyundai jadi lebih nyaman.