Lampung, Kemudi.id – Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah memperkenalkan SUV terbarunya, The New Creta. Untuk mengetahui performanya lebih jauh, HMID menggelar acara Hyundai Media Drive : The New Creta dengan rute Lampung-Jakarta (6-7/2/2025).
Ada 3 trim level yang dibawa oleh Hyundai Indonesia pada acara tersebut. Yakni Prime, N Line dan N Line Turbo. Kemudi.id merasakan ketiganya, baik sebagai penumpang dan juga pengendara.
Kabin
Duduk sebagai penumpang bangku belakang di trim N Line 1.5, sangat terasa kalau joknya enak untuk diduduki. Mampu menopang tubuh dengan baik, karena joknya dibuat berkontur ke dalam. Sehingga badan penumpang serasa ‘dipeluk’.

Ruang kaki juga cukup lega. Bahkan untuk dengan postur yang cukup tinggi sekalipun. Gambarannya, rekan yang duduk di samping tingginya 178 cm, dan pengendara yang berada tepat di depannya dengan tinggi 170 cm. “Ruang kakinya masih lega banget. Kaki jadi leluasa,” ucapnya.
Bukan hanya legroom saja, headroom juga masih cukup ruang. Tidak terlalu dekat dengan atap mobil, membuat penumpang masih tetap nyaman di kabin yang keseluruhannya berwarna hitam tersebut.

Duduk di bangku depan juga enggak kalah menyenangkan. Bangkunya ada fitur ventilasi sehingga badan bisa tetap adem saat berkendara di lalu lintas yang panas. Saat di acara kemarin Kemudi.id tidak mengaktifkan karena ACnya sudah cukup dingin.
Mobil yang sudah ada fitur wireless charging dock ini juga punya posisi berkendara yang baik. Tilt dan teleskopik di setir membuat driver bisa adjust sesuai keinginannya.

Lingkar kemudinya juga sangat pas. Enggak terlalu besar, juga tidak kekecilan. Lengkap dengan berbagai tombol fitur di setir. Memudahkan kontrol dari pengemudi jika hanya sendiri.
Di balik lingkar kemudinya juga sudah ada fitur paddle shift. Ini sangat berguna jika ingin pindah gigi secara manual atau mendapatkan engine break. Berguna juga saat akan menyusul kendaraan di depan.

Suspensi
Selain itu, yang menyenangkan juga adalah suspensi yang diusungnya. Memang sistemnya sama seperti SUV lainnya, tapi New Creta ini membawa kenyamanan yang baik. Untuk trim yang Prime dan N Line, tidak terlalu keras, tapi juga tak empuk.
Sehingga ketika melibas jalan yang ‘keriting’ masih sangat baik kenyamanannya. Namun agak berbeda dengan trim N Line Turbo. Seting suspensinya sedikit berbeda.

Dibikin sedikit lebih keras supaya mobil lebih stiff saat dipacu. Ini mengikuti performa mesin yang juga berbeda. Sangat terasa ketika dipacu dalam keadaan kencang dan sedikit berbelok. New Creta N Line Turbo sangat minim limbung. Penumpang di bangku belakang juga tak terlalu tergoncang.
Performa
Mengenai mesin, New Creta Prime dan N Line pakai Smartstream Gamma berkapasitas 1.500 cc. Ini sangat pas dipakai dalam kota atau keluar kota dengan gaya berkendara yang santai.

Namun, ketika dipakai sedikit agresif, masih kurang pas. Tenaganya keluar tapi terasa lebih lama. Sehingga ketika kick down saat putaran mesin rendah, naiknya agak lama.
Ini sangat berbeda dengan yang New Creta N Line Turbo. Versi teratas ini pakai mesin yang berbeda meski kapasitasnya sama. Tenaganya terus tersedia kapanpun pengendara membutuhkan. Maklum saja karena ‘tendangan’ dari turbo pasti punya dampak.

Kondisi-kondisi tersebut bisa jadi juga disebabkan dari transmisi yang diusung. Versi Prime dan N Line transmisnya 6 percepatan IVT dan N Line Turbo pakai 7 percepatan DCT. Sehingga memang perpindahan DCT lebih cepat dan responsif.