Surabaya, Kemudi.id – Yamaha NMAX Turbo belum lama ini dikeluarkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Membawa cukup banyak perubahan dibanding generasi sebelumnya.
Masih tetap menggunakan mesin berkapasitas 155 cc, Yamaha menggelar touring bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) untuk merasakan langsung performa maxi skutik tersebut.
Untuk daerah Jawa, paling tidak ada 3 etape yang disiapkan. Etape 1 Jakarta-Jogja, etape 2 Jogja-Surabaya (29-30/7) dan etape 3 Surabaya-Bali (1-2/8).
BACA :Â Blibli Jualan Yamaha NMAX Turbo Terbaru, 40 Menit Laku Segini Banyak
Setelah sukses menyelesaikan etape 1, peserta di etape 2 juga tak kalah seru tantangannya. Di etape ini peserta yang terdiri dari media, blogger dan manajemen Yamaha harus menempuh sekitar 400 kilometer.
Dalam perjalanannya, rombongan berkunjung ke tempat wisata dan spot ikonik di Jateng dan Jatim.
Tentu tidak ketinggalan jalur pegunungan, telaga hingga tugu dan monumen bersejarah juga dilintasi. Jelas untuk mengetahui kemampuan Yamaha NMAX terbaru tersebut.
“Pada turing etape 2 ini kami akan memfasilitasi media dan blogger untuk merasakan fitur Y-Shift dan juga Riding Mode,”
“Ini untuk menghadirkan kualitas berkendara di level tertinggi melalui jalur tanjakan dan turunan di wilayah pegunungan Lawu, Magetan, juga dataran tinggi Tretes,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing-Public Relation PT YIMM.
Rombongan dilepas dari dealer Mangkubumi dan langsung diarahkan ke Solo. Kemudinya lanjut lagi ke Tawangmangu, juga Telaga Sarangan yang ada di lereng Gunung Lawu.
Di trek ini Yamaha NMAX Turbo dan pengendara diuji sekaligus. Sebab treknya cukup menantang. Dihadapkan pada tanjakan terjal serta turunan curam. Enggak cukup, jalur juga berkelok-kelok.
Panitia pada event yang juga didukung oleh oli Yamalube ini sengaja memilih trek tersebut. Agaknya untuk membuktikan fitur Y-Shift dan Riding Mode, yang memberi sensasi seperti turbo pada tenaga motor.
Menurut salah satu peserta, YECT yang diaplikasi bukan hanya sekedar nama semata. Sebab sangat terpakai ketika dihadapkan jalur naik dan turun.
BACA :Â Bintang Automotive Rajin Bikin Kejurnas Sprint Rally, Treknya Punya Ciri Khas Tersendiri
Fitur tersebut sangat membantu saat akselerasi. Terasa di tanjakan, pindah ke Riding Mode S, kemudian mainkan Y-Shift. Motor akan langsung melibas tanjakan tanpa perlu ngeden.
Juga berpengaruh untuk saat turunan. Bisa menahan laju motor sehingga rem yang juga dipakai tidak terlalu keras bekerja.
Setelah itu rombongan menuju dan istirahat di Madiun. Malam harinya, bersama komunitas menikmati keindahan kota pecel tersebut yang kini sudah lebih bersolek.
Hari berikutnya, rombongan lebih banyak melintas kota. Menuju Surabaya melalui Mojokerto. Daerah wisata yang dikunjungi yakni dataran tinggi Pacet dan juga Tretes.