Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeHeadlineSetiawan Santoso Pertama Balap Ketahanan di Sepang, Pilih Mobil Yang Susah, Ini...

Setiawan Santoso Pertama Balap Ketahanan di Sepang, Pilih Mobil Yang Susah, Ini Alasannya

Jakarta, Kemudi.id – Setiawan Santoso merupakan pembalap asal Indonesia yang sudah beberapa kali ikut balap mobil di luar Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, mobil-mobil yang dipakai punya spesifikasi yang tidak biasa-biasa saja. Selain itu, dirinya memang sangat senang dengan tantangan.

Seperti belum lama ini dirinya ikut ajang Asian Le Mans Series putaran 1 dan 2 di sirkuit Sepang, Malaysia (2-3/12/2023). Balap ketahanan selama 4 jam, 4H of Sepang ini merupakan pengalaman pertama dirinya ikut balap ketahanan.

“Sudah sejak lama sebenarnya saya ingin ikut balap ketahanan ini. Pernah mau ikut, tapi cuma sampai sesi latihan karena mobil rusak berat sebab teman tim saya nabrak tembok,” ujar Setiawan Santoso.

“Saya cukup puas dengan balap waktu putaran 1. Meskipun hasil finish enggak terlalu bagus, tapi saya bisa menyelesaikan lomba. Pas putaran 2, hari Minggu kita tidak finish karena ada kendala di mesin,” jelasnya lagi.

Dalam lomba kemarin, Setiawan balap dengan total waktu 1 jam 45 menit. Pembagiannya, 65 menit, kemudian ganti pembalap dan sisanya 40 menit setelah ganti pembalap. Sebagai pembalap dengan Bronze Category, memang demikian aturannya.

Setiawan Santoso pengalaman pertama ikut balap ketahanan (foto : Aphit)

Sementara itu, mengenai penggunaan mobil juga tak bisa dibilang main-main. Setiawan memilih pakai Porsche 911 GT3 R. Mesin tipe boxer berkapasitas 4.200 cc ini mampu memuntahkan tenaga 565 hp.

Menariknya lagi, pemukim di Surabaya, Jatim ini memilih Porsche karena mobil asal Jerman tersebut terkenal punya handling yang sulit.

“Saya ingin belajar dari mobil yang susah. Kalau kita sudah bisa kuasai, mobil manapun jadi lebih mudah,” jelasnya.

Asian Le Mans Series ini aka bergulir sebanyak 5 putaran. Putaran 3 akan berlangsung di Dubai (4/2/2024). Kemudian putaran 4 dan 5 berlangsung di Abu Dhabi (10-11/2/2024).

Seperti juga saat di Sepang, ketika di Abu Dhabi putaran 4 berlangsung Sabtu dan 5 di Minggu. Sehingga waktu balap berlaku lebih efisien.

Setiawan sendiri pernah ikut balap turing di Sentul dan beberapa kali juga ikut sprint reli. Berbagai mobil balap sudah pernah dipakainya. Namun sudah beberapa tahun ini dirinya fokus balap di luar negeri.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler