Bali, Kemudi.id – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha Nmax Turbo pada 12 Juni 2024 silam. Saat kelahirannya ada beberapa varian dengan rentang harga yang juga berbeda. Paling tinggi adalah Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate dengan harga menyentuh Rp 45.250.000, on the road Jakarta.
Untuk lebih memperkenalkan produknya tersebut, Yamaha mengajak media, blogger, komunitas juga manajemen perusahaan untuk mengikuti turing.
Aktivitas bertajuk ‘NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN)’ tersebut terbagi menjadi beberapa etape. Ada yang di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, juga Sumatera.
BACA : Etape 2 Turing Yamaha NMAX Turbo Jelajahi Jogja Hingga Surabaya, Daerah Ini Cocok Untuk Test Fitur
Untuk yang di Jawa terbagi menjadi 3 etape, Jakarta-Jogja, Jogja-Surabaya, Surabaya-Bali.
Pada etape Surabaya-Bali berdasar trip meter yang ada, menempuh 494 kilometer. Dengan waktu tempuh mencapai lebih dari 11 jam.
Turing ini digelar untuk lebih menekankan teknologi yang diusungnya. Bukan tanpa alasan, karena Yamaha Nmax terbaru ini mengusung banyak sekali fitur.
Inilah fitur-fitur yang sangat sering terpakai oleh Kemudi.id ketika ikut riding tersebut.
DISPLAY
Penempatan display informasi sangat baik posisinya. Dari posisi duduk rider, semua sangat jelas terbaca dan mudah dipahami.
Speedometer menggunakan angka yang cukup besar. Sehingga mudah terbaca oleh rider. Sementara itu, informasi lainnya punya warna yang terbilang terang dan mudah dikenali.
Ini semua berkat penggunaan layar dengan teknologi TFT. Siang dan malam, semua informasi mudah terlihat dan terbaca.
Di display tersebut, bukan hanya menampilkan kecepatan saja. Ada banyak yang bisa dilihat. Penulis sangat suka pada informasi rata-rata konsumsi bahan bakar dan juga rata-rata kecepatan. Masih ditambah dengan trip time, yang menunjukkan motor sudah berjalan berapa lama.
Di display ini juga bisa ada informasi tentang rpm atau putaran mesin juga riding mode pilihan. Lewat display ini juga bisa menampilkan maps yang terkoneksi dengan smartphone.
Y-Shift
Ini jadi salah fitur unggulan di Yamaha Nmax Turbo Tech Max. Dengan teknologi ini, tenaga motor seakan ada turbonya. Karena bisa memberi efek instan terhadap akselerasi ketika dibutuhkan.
Cara pakainya juga sangat mudah. Ketika sudah berada di 4.000 rpm, tinggal tekan saja tombol yang ada. Saat kondisi lalu lintas sudah memungkinkan untuk menyusul, tinggal gas saja dan tenaga instan akan keluar.
Berdasar pengalaman penulis, akan sangat berbeda jika tombol ini tak ditekan. Tenaga tetap keluar, tapi agak lama. Sehingga kerap ‘terlambat’ untuk menyusul.
Tombol Turbo Y-Shift ini juga bisa sangat membantu ketika rider ingin deselerasi. Sambil tetap mengandalkan rem yang ada di tangan kanan dan kiri, dengan menggunakan Y-Shift, deselerasi akan semakin cepat dan jarak berhenti lebih dekat.
Ada 3 tingkatan pada Y-Shift ini. Tekan 1 kali untuk low, tekan 2 kali untuk medium dan tekan 3 kali untuk high.
Kemudi.id sangat merasakan fitur ini ketika ingin menyusul kendaraan lain, terutama di tanjakan-tanjakan. Juga menahan laju motor ketika turunan terutama jika jalanan licin atau hujan.
Riding Mode
Ada 2 mode berkendara yang bisa dipilih oleh rider. Mode T dan S. Berdasar pengalaman turing tersebut, jika ingin jalan normal dalam arti tidak kebut-kebutan, mode T sudah sangat cukup.
Tinggal memanfaatkan permainan tombol Y-Shift maka tenaga juga bisa keluar cepat. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga bisa lebih efisien.
Namun, jika butuh cepat dan senang dengan akselerasi yang mendadak, bisa pilih mode S. Caranya sangat mudah, tinggal tekan saja tombol Riding Mode.
Nanti di layar dengan LCD akan terlihat pilihan Riding Mode. T dengan warna biru sedangkan S warna merah.