Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeHeadlineBeetle Battle, Ajang Kontes VW Kodok Dengan Model Penjurian Unik, Layaknya Tinju

Beetle Battle, Ajang Kontes VW Kodok Dengan Model Penjurian Unik, Layaknya Tinju

Jakarta, Kemudi.id – Komunitas Volkswagen Beetle Club (VBC) menggelar Battle Beetle (17/12/2023) untuk yang ke-4 kalinya. Berlokasi di Sparkx, event kontes khusus VW ‘Kodok’ ini punya konsep yang baru. Juga diikuti banyak peserta.

Sebanyak 67 penggemar VW Kodok tercatat menjadi peserta kontes. Tentu saja karena namanya kontes, maka kategori dan penilaiannya juga banyak.

Kategori Vintage Factory jelas ada. Penilaiannya seberapa orisinal mobil tersebut. Semakin orisinal dan lengkap tentu menjadi nilai tambah tersendiri.

Kemudian ada lagi kategori Resto Vintage. Ini untuk mobil-mobil yang vintage tapi sudah direstorasi lagi.

Secara total ada 11 kategori yang bisa diikuti oleh peserta. Beberapa kategori dibagi menjadi 2, ada yang Pre-67 dan Post-67.

Setiap mobil kontes dinilai oleh juri (foto : toncil)

Selain jajaran VW Kodok yang tampil keren, cantik dan terawat tersebut, terselip juga beberapa mobil untuk balap.

Benar-benar menggunakan rollbar, mesin kompetisi serta jok hanya 1 saja. Karena VW Beetle merupakan salah satu mobil yang kerap dipakai di banyak balap.

Yang juga menarik dari Beetle Battle ini bukan hanya pada mobil-mobil yang tampil, tapi metode penjurian juga.

“Model penjuriannya seperti di boxing arena. Jadi 2 mobil VW datang dari masing-masing sisi panggung, dan kemudian berhadapan. Seperti saat akan bertinju,”

“Nanti akan ada 5 juri yang menilai langsung VW Kodok para kontestan. Semua yang sudah sangat paham dengan VW kodok, baik untuk factory, modifikasi dan custom,”

“Konsep ini mengikuti model judging yang saat ini trend. Dan sepertinya baru pertama untuk ajang kontes mobil di Indonesia,” sebut Fajar Adi, Ketua Pelaksana Beetle Battle 4 2023.

Semua VW Kodok boleh ikut kontes (foto : toncil)

Namun, sebelum penjurian di panggung mobil sudah dinilai terlebih dahulu oleh para juri. Pantauan Kemudi.id, para juri melihat interior, eksterior, kelengkapan bahkan juga mengecek mengenai ketebalannya dempul. Kerapihan kabel di ruang bagasi yang ada di depan juga jadi pantauan juri.

Bagi penggemar VW, terutama Kodok, Beetle Battle jadi ajang cuci mata. Sebab selain peserta kontes, mobil-mobil VW yang tidak ikut kontes juga keren-keren banget.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler