Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeHeadlineDaihatsu Selama 15 Tahun Pertahankan Posisi 2 Penjualan Otomotif Nasional, Ini 3...

Daihatsu Selama 15 Tahun Pertahankan Posisi 2 Penjualan Otomotif Nasional, Ini 3 Besar Produknya

Jakarta, Kemudi.id – Penjualan pasar otomotif nasional pada 2023 mencapai sekitar 998 ribu unit. Sedangkan Daihatsu sendiri mampu menjual unit secara ritel mencapai 194.108 unit.

Angka penjualan tersebut naik sekitar 2,9% jika dibandingkan dengan penjualan pada 2022 lalu. Dengan angka penjualannya 188.660 unit. Artinya, konsumen sudah mulai memiliki daya beli kembali.

Pencapaian Daihatsu pada 2023 tersebut memiliki kontribusi sebesar 19,4% market share terhadap otomotif nasional. Angka ini meningkat sebesar 0,8% dibanding 2022 dengan market share 18,6%.

Penjualan pada 2023 tersebut, dengan adanya kenaikan market share, membuat Daihatsu berada di posisi 2 penjualan otomotif secara nasional. Suatu pencapaian yang sangat mengagumkan, karena pabrikan berlambang D ini sanggup mempertahankan posisi tersebut selama 15 tahun berturut-turut.

Sementara itu, jika dilihat secara produk, Sigra jadi paling banyak menyumbangkan penjualan. Mobil kelas LCGC 7 seater itu mampu terjual sebanyak 63.285 unit,atau berkontribusi sebanyak 32,6%.

Posisi 2 penyumbang terbanyak adalah Gran Max PU (Pick Up). Mobil niaga ini mampu terjual sebanyak 43.896 unit atau 22,6%. Wajar jika GM PU ini bergairah, karena punya tenaga mesin yang bagus dan bagian bak yang juga besar. Sehingga diminati pengusaha.

Tiga besar berikutnya dalam penjualan Daihatsu adalah Terios. Mobil segmen LSUV ini mampu diserap konsumen karena selain punya ground clearance yang tinggi, tampangnya juga keren.

Terios sendiri dengan berbagai pilihan variannya terjual sebanyak 24.785 unit atau 12,8% dari penjualan total Daihatsu.

Sedangkan untuk sumbangan tiap model Daihatsu di segmen yang dimasuki kondisinya tak terlalu beda jauh. Seperti Daihatsu Sigra berkontribusi 58% di segmen LCGC MPV.

Sedangkan untuk segmen Pick Up Low, Daihatsu Gran Max PU sekitar 49% menguasai pasar. Diikuti Gran Max MB (Minibus) sebesar 85% di segmen Low Semi Commercial dengan angka 12.444 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen sehingga Daihatsu dapat menutup 2023 dengan positif, sekaligus tetap berada di posisi 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun,”

“Semoga pencapaian ini dapat terus memotivasi untuk memberi penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen. Juga pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ucap Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler