Tuesday, June 25, 2024
Google search engine
HomeHeadlineSuzuki Penjualan 2023 37 Ribu Unit, Hybrid Sumbang 36 Persen

Suzuki Penjualan 2023 37 Ribu Unit, Hybrid Sumbang 36 Persen

Jakarta, Kemudi.id – Pasar otomotif nasional 2023 punya tren yang positif meski kenaikannya tidak terlalu banyak.

Sejalan dengan itu, penjualan Suzuki juga punya pencapaian yang sangat baik. Di segmen passenger car dan juga commercial car.

Untuk passanger car berhasil mencatat penjualan sebanyak 37.853 unit. Dari angka tersebut, sebanyak 36% disokong oleh kendaraan teknologi hybrid. Jika dijadikan angka menjadi 13.557 unit, yang terbagi menjadi 3 produk.

Mobil Suzuki yang pakai teknologi hybrid adalah Suzuki All New Ertiga, New Suzuki XL7 dan Grand Vitara.

Dari masing-masing produk tersebut, sumbangan terbesar dari New XL7 sebesar 47%. Kemudian diikuti oleh All New Ertiga Hybrid sebesar 43%. Terakhir yakni Grand Vitara sebesar 10%.

“Produk kita diposisikan supaya bisa dipakai sehari-hari. Dipakai mulai dari Sabang sampai ke Merauke,”

“Jadi kita tidak mementingkan untuk golongan tertentu saja. Produk hybrid kita punya driveability yang cukup baik,” jelas Harold Donnel,  4W Marketing Director PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) dalam acara Media Gathering Suzuki di Senayan (23/1/2024).

Sementara itu, jika dihitung kontribusi berdasar tipe mobil juga cukup baik. Di segmen minibus menyumbang 9% kemudian hatchback sebesar 7%.

Penjualan mobil hybrid Suzuki (foto : toncil)

Dilanjutkan dengan segmen LMPV sebesar 25% dan terbesar dari SUV 58%. Masuk dalam segmen SUV ada Suzuki Jimny, Suzuki Espresso, Suzuki Ignis,  Suzuki XL7.

Agak berbeda dengan passanger car, untuk penjualan di komersial justru kurang baik.

“Untuk penjualan Carry Pick Up memang menyusut dibanding penjualan 2022. Karena total market komersial juga menurun,”

“Titik balik ternyata tidak sesuai dengan prediksi dan harapan kita,” ucap Randy R. Murdoko, Asst. to Dept Head PT SIS dalam kesempatan yang sama.

Segmen komersial raih 49% penjualan (foto : SIS)

Meski demikian, berdasar dari data GAIKINDO, penjualan Carry pikap di segmennya masih sebesar 49%. Artinya ini masih sangat menominasikan dibanding pemain lainnya.

“Secara total penjualan Suzuki di 2023, segmen passanger car dan commercial car sebesar 82.244 unit. Komersial juga cukup besar,” jelas Zulfikar Rafi Al Ghany,  Head of Public Relations Strategic Planning Department, PT SIS.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler