Jakarta, Kemudi.id – Hyundai Indonesia telah meluncurkan produk terbarunya, All-new Santa Fe (24/10/2024).
Padahal kondisi penjualan mobil baru di Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Bahkan, dikutip dari Bisnis.com, Gaikindo telah merevisi target penjualan mobil tahun ini.
Yang awalnya ditargetkan mencapai 1,1 juta unit, tapi direvisi menjadi 850 ribu unit saja.
BACA :Â Hyundai All-new Santa Fe Sudah Launching, Ada Pilihan Hybrid 1.600 cc Turbo, Tampil Kotak dan Semakin Besar
“Alasannya, ya memang angka-angka penjualan kan tidak bisa meningkat signifikan,” ujar Jongkie Sugiarto, Ketua I Gaikindo, seperti dikutip dari Bisnis.com.
Masih dari sumber yang sama, revisi target tersebut sudah menjadi kesepakatan antara para agen pemegang merek (APM) yang tergabung di Gaikindo.
Sementara itu, berdasar data Gaikindo, wholesales tahun ini terbanyak pada September, sejumlah 72.667 unit. Angka ini mengalami penurunan jika dibanding penjualan September 2023 yang meraih 79.919 unit.
Artinya, secara wholesales mengalami penurunan sebesar 9,1% jika dikomparasi data penjualan bulan yang sama.
Meski paham mengenai kondisi penjualan mobil baru yang menurun, tapi Hyundai Indonesia tetap percaya diri launching produk terbarunya tersebut.
“Kita semua sangat paham dan mengerti kalau penjualan mobil baru turun terus. Tapi, justru karena itu kita harus launching produk-produk baru,”
“Dengan adanya produk baru, konsumen jadi punya tambahan pilihan. Selain itu juga menstimulus penjualan mobil supaya punya trend meningkat,”
“Kalau tidak ada launching produk baru, yang naik bukan penjualan mobil baru yang sudah eksis, tapi justru pasar mobil bekas yang meningkat,”
“Jadi memang kita tetap launching produk baru untuk tetap menggairahkan pasar yang ada,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) saat launchig All-new Hyundai Santa Fe.
Menurutnya, dengan hadirnya produk-produk baru, kedua belah pihak juga diuntungkan. Secara konsumen, tentu pilihannya menjadi lebih lebar.
Karena dengan mobil-mobil baru yang eksisting, bukan tidak mungkin konsumen sudah mulai jenuh.
BACA :Â Ini Yang Bikin Toyota Percaya Diri Hilux Rangga Akan Laku
Sementara itu dari sisi produsen atau penjual mobil tentu akan menambah gairah penjualan. Dengan hadirnya produk-produk baru tersebut, juga bisa meningkatkan penjualan supaya mencapai atau melebihi target Gaikindo.