Jakarta, Kemudi.id – Suzuki siap untuk menghadapi pasar otomotif 2025 ini dengan sangat percaya diri. Akan ada gebrakan dari Suzuki untuk tahun ini dengan diluncurkan beberapa produk baru.
Seperti diketahui, pasar otomotif pada 2024 silam mengalami penurunan. Gaikindo menargetkan penjualan sebanyak 1 juta unit, namun akhirnya diturunkan dan realisasi sekitar 890 ribu unit.
“Ekonomi nasional yang menurun, tentu berdampak juga pada penurunan di sektor otomotif. Tahun lalu memang menurun dan berdampak pada semua brand. Suzuki juga terkena imbas, tapi kita optimis untuk tahun ini,” jelas Randy R. Murdoko, Department Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Info menarik : Penjualan Suzuki Meningkat Tajam, Segini Lonjakan Penjualan Suzuki S-Presso
Meski pasar turun pada tahun lalu, tapi Suzuki tetap optimis kalau 2025 ini menjadi tahun penjualan yang baik. Karena Suzuki sudah menyiapkan produk baru yang produknya sesuai dengan market dan kebutuhan di Indonesia.
Pabrikan asal Jepang ini akan langsung meluncurkan produk baru di semester satu 2025 ini. Segmennya sendiri besar kemungkinan akan di SUV. Wajar, karena segmen ini yang sedang sangat bertumbuh dan diminati konsumen.
Besar kemungkinan mobil baru tersebut yakni Suzuki Fronx yang foto-fotonya sudah banyak beredar di sosial media. Jika melihat tampilan eksteriornya, bentuk depan seperti Suzuki Baleno namun dengan bodi lebih tinggi dan tebal. Kuat sekali kesan SUV-nya.
Info menarik : Suzuki Meroket, Penjualan di GJAW Lampaui Target, Lebih dari 200 Persen
Selain akan meluncurkan produk yang benar-benar baru, Suzuki juga akan melakukan penyegaran-penyegaran pada produk-produknya.
Bisa ada produk-produk yang facelift, atau juga dengan major dan minor change.
“Kita berharap dengan penyegaran-penyegaran produk tersebut bisa punya kontribusi terhadap penjualan otomotif di Indonesia. Membuat industri atau market Indonesia menjadi lebih bergairah dan maju lagi,” tambah Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS dalam kesempatan Suzuki Media Gathering di Jakarta (17/1/2025).

Selain itu, selama 2024 silam Suzuki telah menjual sebanyak 69.392 unit mobil.
“Dari angka tersebut, sebanyak 17.594 unit merupakan hybrid Suzuki. Sangat menggembirakan untuk pencapaian tersebut,” tambah Zulfikar Rafi Al Ghani, Head of Public Relations PT SIS di kesempatan yang sama.
Pria berkacamata ini berharap konsumen hybrid akan terus bertambah, karena terbukti kalau mobil tersebut ramah lingkungan dan efisien tinggi.