Tuesday, June 25, 2024
Google search engine
HomeHeadlineDealer Toyota Kartika Sari Buktikan Kalau Toyota Agya Juga Andal Dipakai Reli,...

Dealer Toyota Kartika Sari Buktikan Kalau Toyota Agya Juga Andal Dipakai Reli, Ini Ramuannya

Jakarta, Kemudi.id – Toyota Agya banyak dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Tak sedikit masyarakat umum yang masih menyangsikan kalau mobil tersebut cukup andal dipakai balap.

Tapi anggapan ini pupus di tangan tim Kartika Sari Motorsport (KSM). Sebab selain TGRI, tim dealer Toyota yang berkedudukan di Malang, Jatim ini sanggup membuat Toyota Agya untuk ikut ajang sprint reli.

Tentu bukan perkara mudah untuk bisa menyulap mobil bermesin 1.200 cc itu jadi andalan di balap tanah tersebut.

Tantangan pertama, jelas ini benar-benar menjadi ‘kelinci percobaan’.

Mesin masih pakai standarnya (foto : toncil)

“Karena belum pernah ada yang bangun. Jadi kita kembangkan sejak awal. Belum ada contohnya, jadi kita trial and error terus,”

“Tentu kita dibantu oleh banyak pihak juga, tapi tetap harus banyak percobaan yang kita jalani,” ungkap Deny Kristiono, Advisor tim KSM ini.

Baca : Tim Reli Kartika Sari Motorsport Boyong 5 Piala di Kejurnas Sprint Reli Jogja, Ini Yang Dilakukan Perelinya

Berangkat dari anggapan kalau mesin dengan tenaga besar menjadi salah satu jaminan menang, tapi ternyata itu salah besar.

Pengalaman yang diraih Deny sangat besar, hingga dirinya percaya kalau mesin kencang bukan segala-galanya.

Setir ganti. Sudah ada rollbar juga (foto : toncil)

“Karena anggapan itu, piston mobil ini pernah leleh. Akhirnya kita kembalikan ke standar saja. Terbukti sampai saat ini mesin masih kuat dan tak pernah rewel,”

“Kalaupun ada kendala, hanya kecil-kecil saja. Masih dalam tahap wajar,” jelasnya kepada Kemudi.id

Mesin Toyota Agya racikan tim KSM ini memang cukup standar saja. Bahkan boks saringan udara juga masih nempel dengan sempurna. Jika diamati, tak ada bedanya dengan mesin Toyota Agya yang siap dipakai ke mall.

Selain mesin dan tentunya safety equipment, hal lain yang diperhatikan adalah kaki-kaki mobil. Pakai standar tentu tak bisa.

Sokbreker pakai 1 way keluaran ZAD (foto : toncil)

“Kita ganti pakai keluaran ZAD yang tipe 1 way. Sampai saat ini masih cukup, belum ada rencana ganti,” jelas pria ramah ini.

Sedangkan untuk bushing-bushing juga Susan tak pakai karet standar. Alasannya jelas, karena tidak akan kuat ‘disiksa’ pada lintasan sprint reli.

Deny lebih mempercayakan pakai bahan PU atau polyurethane yang lebih tahan tapi tetap bisa fleksibel.

Modifikasi yang dilakukan ini mengantarkan 2 pasang perelinya meraih podium di ajang kejurnas sprint reli Jogja di trek Adisutjipto Gravel Sport (AGS) (24-26/5/2024).

Pelek andalkan yang kuat dan bernuansa reli (foto : toncil)

Ramuan sukses lainnya datang dari dukungan dan kerja sama tim mekanik yang sangat solid. Maklum saja, mereka merupakan tim mekanik yang sehari-harinya juga bekerja di bengkel dealer Toyota Kartika Sari tersebut.

Dalam balap, semua saling terkait. Mobil, pereli, dan tim mekanik.

Gas lagi di kejurnas sprint reli putaran 3 dong.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler