Jakarta, Kemudi.id – Yamaha NMAX Turbo Tech Max telah diuji coba oleh penulis dalam perjalanan Surabaya-Bali. Selain mencoba langsung fitur-fitur yang ada, riding position juga pasti jadi perhatian.
Sebab, motor ini sangat cocok untuk turing terutama jarak jauh. Tapi, sepertinya untuk orang-orang dengan tinggi kurang dari 155 cm rasanya akan sedikit menemui kesulitan.
Enggak usah bingung bagaimana. Karena redaksi Kemudi.id sudah merasakan dan mencoba langsung.
BACA :Â Turing Surabaya-Bali Pakai Yamaha Nmax Turbo Tech Max, Ini 3 Fitur Yang Paling Sering Dipakai
Penulis punya tinggi sekitar 156-157 cm dengan berat badan sekitar 57-58 kilogram.
Untuk posisi duduk ketika riding benar-benar tidak ada masalah. Bahkan kalau jalan agak lengang, bisa sedikit mundur supaya lebih rileks.
Pandangan ke depan dan display indikator di dasbor tetap bisa normal. Tak terhalang apapun dan informasi terbaca jelas.
Namun.. Nah ini dia. Kaki rider tidak bisa menggapai pijakan depan. Karena jaraknya jadi terlalu jauh. Paling hanya berada antara pijakan depan dan dek saja.
BACA :Â Etape 2 Turing Yamaha NMAX Turbo Jelajahi Jogja Hingga Surabaya, Daerah Ini Cocok Untuk Test Fitur
Menghilangkan kenyamanan riding?
Jawabannya tidak. Sebab kaki rider masih bisa bergerak leluasa.
Masalah muncul jika harus melambat atau berhenti di lampu merah. Posisi duduk harus kembali maju, atau bahkan duduk dekat dengan ujung jok.
Kenapa? Tentu supaya kaki bisa menjejak ke aspal atau tanah. Jika tidak mengubah posisi duduk, kaki tidak akan sampai, atau bahkan sangat jinjit.
Kalau memaksakan posisi ini, hati-hati jari-jari kaki bisa kram.
Kemudian ketika saat sedang berhenti atau menunggu di lampu merah, kaki tetap bisa turun dan sampai ke aspal untuk sisi kiri dan kanan. Ini artinya motor bisa tegak.
Namun, kedua kaki agak sedikit jinjit supaya bisa menahan dengan baik dan tegak.
Meski demikian ada hal yang perlu diperhatikan. Usahakan untuk berhenti di permukaan yang rata antara kiri dan kanan.
Jika salah satu sisi lebih dalam, kaki akan sangat suit menapak. Potensi untuk jatuh jadi lebih besar.
Lalu bagaimana dengan handling?
Untuk yang satu ini, benar-benar tidak ada masalah. Motor meski cukup berbobot tapi juga mudah dikendalikan.
Terutama untuk versi Yamaha NMAX Turbo Tech Max Ultimate yang ada damper performance-nya. Sama seperti yang dipakai Kemudi.id ketika turing NMAX Tour Boemi Nusantara kemarin.
Dengan postur tinggi 156-157 cm relatif tidak ada masalah dengan Yamaha NMAX Turbo Tech Max ini, hanya perlu penyesuaian sedikit saat berhenti.
Langsung gas ke dealer deh.