Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeHeadlineSuzuki Jimny 3 Pintu Inden Lama, Begini Nasib Versi 5 Pintunya

Suzuki Jimny 3 Pintu Inden Lama, Begini Nasib Versi 5 Pintunya

Jakarta, Kemudi.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memperkenalkan Suzuki Jimny 5 pintu secara resmi (15/2/2024). Mobil yang cukup fenomenal ini sebenarnya sudah ‘bocor’ sebelum launching secara resmi.

Sebelumnya, Suzuki Jimny 3 pintu juga sangat dicari oleh konsumen. Bukan saja untuk fanatikan Suzuki Jimny, atau kalangan offroader, namun meluas sampai segala lapisan. Bahkan tak jarang wanita juga mengendarai mobil ini.

Baca : Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur, Ini Harga dan Bedanya Dengan Versi 3 Pintu

Saking dicarinya, mobil yang menggunakan mesin K15B, berkapasitas 1.500 cc injeksi tersebut cukup sulit didapatkan. Bahkan antrian juga sangat panjang.

Hal ini membuat unit sekennya punya harga yang lebih tinggi dibanding harga baru. Bahkan sampai saat ini, PT SIS mengonfirmasi kalau sebanyak 800 konsumen belum menerima unitnya.

Salah satu penyebab dari antrian yang panjang tersebut karena pasokan unitnya juga tidak banyak. Untuk Indonesia hanya mendapat jatah 50 unit untuk setiap bulannya.

Pasokan Suzuki Jimny 5 pintu diperbanyak (foto : toncil)

Pihak SIS menyebut kalau sudah sejak lama minta untuk ditingkatkan, lebih dari 50 unit. Tapi memang tidak dikasih oleh pihak Jepang. Karena permintaan negara lain juga termasuk tinggi.

Lalu bagaimana dengan Suzuki Jimny 5 pintu? Apakah inden juga akan lama?

Indikasi tersebut bisa jadi sudah mulai terlihat sejak awal IIMS 2024 dimulai.

Baca : Suzuki Penjualan 2023 37 Ribu Unit, Hybrid Sumbang 36 Persen

“Itulah yang membuat saya bingung. Berdasar data yang kita punya, sampai Januari lalu inden kita sudah mencapai sekitar 900 unit,”

“Kalau dihitung sampai saat ini (ketika pembukaan IIMS 2024, red) kemungkinan besar sudah menyentuh angka 1.000 unit. Ini yang harus dipikirkan dengan keras dan sangat matang,”

Interior Suzuki Jimny. Head unit sudah pakai monitor (foto : toncil)

“Tapi, pasokannya sudah ditingkatkan menjadi 100 unit setiap bulannya. Mudah-mudah sangat bisa memperpendek inden mobil. Selain itu tidak terlalu lama, karena unit didatangkan dari India,” ucap Dony Ismi Himawan Saputra, 4W Deputy Managing Director PT SIS ketika berbincang dengan Kemudi.id.

Dony, panggilannya berharap dengan penambahan permintaan unit tersebut inden untuk Suzuki Jimny 5 pintu tidak sepanjang yang 3 pintu. Meski demikian dirinya tetap mengantisipasi jika memang inden banyak.

Baca : Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Melonjak Tajam, Segini Kontribusinya

Sementara itu, Suzuki 5 pintu ini secara tampilan eksterior tak ada ubahnya dengan versi 3 pintu. Namun untuk kelengkapan, lebih ditingkatkan.

Seperti fitur yang cukup penting, yakni sudah adanya sensor parkir dan kamera belakang. Artinya, head unit juga sudah menggunakan model monitor dengan ukuran 9 inci.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler