Tuesday, June 25, 2024
Google search engine
HomeHeadlineYamaha Kembangkan Paket Aerodinamika Baru, Bawa ke MotoGP Catalunya, Ini Yang Diharapkan

Yamaha Kembangkan Paket Aerodinamika Baru, Bawa ke MotoGP Catalunya, Ini Yang Diharapkan

Jakarta, Kemudi.id – Saat MotoGP Catalunya (24-26/5/2024), tim Monster Energy Yamaha MotoGP akan menggunakan desain fairing terbaru. Ini terlihat setelah tim tersebut melakukan uji coba pribadinya di sirkuit Mugello.

Tim pabrikan Yamaha kondisinya beberapa tahun belakangan ini tidaklah sangat baik. Memang sempat mengantarkan pembalap andalannya, Fabio Quartararo meraih gelar juara dunia.

Namun sayangnya, pada tahun setelahnya prestasi tim dan pembalapnya kurang cemerlang. Bahkan dibanding tim satelit dari merek lain.

Kemudian, merekrut Alex Rins yang selesai ‘pekerjaannya’ di tim Suzuki. Sayangnya harapan Yamaha untuk mendongkrak prestasi belum juga berhasil.

Baca : Pembalap MotoGP Pedro Acosta Jadi Perbincangan, Stefan Bradl Bilang Begini

Bahkan sampai saat ini, kondisi mereka, baik pembalap dan tim belum sepenuhnya membaik.

Dalam klasemen sementara, Quartararo berada di posisi 12 dengan 25 poin. Tertinggal 104 angka dari posisi 1 yang ditempati Jorge Martin.

Sedangkan Rins lebih jauh lagi, ada di posisi 20 dengan 7 poin. Tim sendiri bertengger di posisi 9 dari 11 tim yang berlaga dengan mengantongi 32 poin.

Dengan menggunakan paket aerodinamika terbaru saat di MotoGP Catalunya nanti, sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak performa motor.

Tim pabrikan Yamaha akan gunakan aerodinamika baru di MotoGP Catalunya 2024 (foto : Paddock-GP.com)

Paket aerodinamika terbaru tersebut disebutkan oleh Yamaha sudah memiliki homologasi. Sehingga sangat bisa dipakai untuk balap.

Setelah uji coba terbatas yang dilakukan, kedua pembalap Quartararo dan Rins merasa sangat puas dengan hasilnya. Bahkan Quartararo pemiliki nomor motor 20 tersebut tak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

“Melihat perkembangan setelah tes di Mugello, kami memutuskan untuk menggunakan aerodinamika terbaru ini. Akan kami pakai saat sesi test resmi di Catalunya,”

“Akan sangat menarik melihat penyesuaian dan peningkatan performa kami di lintasan,” tegas Quartararo.

Desain aerodinamika lama tak sepenuhnya dihilangkan (foto : Paddock-GP.com)

Paket aerodinamika terbaru ini merupakan hasil kerja sama antara Yamaha dengan Marco Nicotra, yang merupakan spesialis aerodinamika dan pernah di Ducati.

Dengan penggunaan perangkat baru dan telah dicoba tersebut, terlihat kalau grip ban semakn baik. Kehilangan grip yang biasa terjadi bisa diminimalkan.

“Grip ban selalu menjadi isu utama kami beberapa tahun ini. Terutama untuk hari-hari pertama pengujian. Tahun lalu kami juga sangat kesulitan dengan grip,”

“Tapi dengan penggunaan aerodinamika baru ini kami sudah melangkah lebih baik untuk mengatur itu semua. Saya sangat berharap punya performa yang sangat baik,” tambah Massimo Merregalli, Team Manager Yamaha.

Semoga mampu berdampak signifikan.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler