Sunday, July 14, 2024
Google search engine
HomeSportH. Rihan Variza Posisi 2 di Kejurnas Sprint Rally Putaran 3, Sempat...

H. Rihan Variza Posisi 2 di Kejurnas Sprint Rally Putaran 3, Sempat Masalah di Bagian Ini

Semarang, Kemudi.id – Latihan menghadapi balap atau reli sangat sering dilakukan para pembalap. Hal ini untuk mengetahui kembali setingan mobil, apakah sesuai dengan trek atau tidak.

Namun ternyata latihan juga belum menjamin suatu kemenangan. Terutama jika berada di ‘kelas’ neraka. Masih ada faktor lain yang mengikutinya.

Inilah yang dirasakan H. Rihan Variza, saat di ajang kejurnas sprint reli putaran 3 di sirkuit Klipang, Semarang, Jateng (28-30/6/2024).

Penggeber Hyundai i20 N Rally2 ini sempat melakukan latihan sebelum berlaga di trek milik perusahaan Sidomuncul tersebut.

Saat menjalani balap, di special stage (SS) 1 dirinya menjadi yang tercepat dari 130 peserta yang ikut. Juga tercepat di grup H, yang merupakan grup mobil-mobil berteknologi tinggi.

Namun sayangnya ketika menjalani SS 2 pada siang hari catatan waktunya melorot. Ternyata karena mobilnya mengalami masalah.

“Mobil seperti tidak mau direm. Kalau rem tangan ditarik, masih tetap jalan saja. Biasanya tuas rem tangan ditarik sedikit sudah ngunci, kali ini harus sampai banyak,”

“Setelah dicek dan bongkar di paddock ternyata rem belakangnya masalah. Ketemu penyebabnya. Selanjutnya kita pol lagi,” ungkap pemilik tim HRVRT BGM HBM BMB ini saat dijumpai Kemudi.id.

Permasalahan yang ada bukan di kampas rem yang habis, tapi justru di cakram remnya. Kondisinya sudah aus atau botak, tidak ada lagi groove atau ‘got’ di cakramnya.

H. Rihan Variza. Catatan waktu sempat melorot (foto : toncil)

Sehingga ketika rem bekerja, kaliper dan kampas rem tak bisa menjepit cakram dengan sempurna.

Ibarat berjalan di lantai dengan alas kaki yang sole bawah sudah tidak ada ‘ukirannya’.

Sebagai informasi, cakram mobil reli yang dipakai Rihan punya beberapa got yang melintang. Selain untuk pendinginan juga untuk mendapat grip.

Setelah diganti dengan yang baru, Rihan melejit lagi di lintasan. Bumper depan sempat hilang karena gaya nyupir yang cukup agresif.

Baca : Pakai Lahan Bekas Lapangan Golf, 130 Peserta Padati Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 di Semarang

Di SS 3 dirinya menjadi tercepat ke-3 . Di bawah Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) dan H. Rahmat, andalan LFN Sederhana Motorsport.

SS pamungkas, alias SS 4 Rihan kembali menunjukkan kelasnya. Berhasil menjadi yang tercepat dari semua peserta.

Akumulasi waktu dari semua SS menempatkan pria ramah asal Kalimantan ini bertengger di posisi 2. Menambah pundi-pundi poin di klasemen sementara.

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Terpopuler